Tahun Ini Agam Dapat Bantuan 20 Paket Jaringan Irigasi

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF - Para petani di Kabupaten Agam mendapat kabar baik, sebabnya tahun ini ada bantuan 20 paket Rahabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT).

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam Emrizal mengatakan, Sumber dana paket bantuan ini adalah dari APBN 2021.

baca juga: Anggota DPRD Agam Syafrizal Meninggal Dunia

"20 paket ini tersebar di 12 Kecamatan dan 20 nagari yang ada di Agam . Pengerjaannya dikelola langsung oleh kelompok tani di lokasi penerima bantuan," ungkapnya, Selasa 23 Februari 2021.

Besaran anggaran untuk setiap paket RJIT adalah sebesar 75 juta rupiah. Dana tersebut langsung masuk ke rekening kelompok tani dengan luasan area dampak irigasi seluas 50 hektare.

baca juga: PLH Bupati Agam Disuntik Vaksin Sinovac

"Sedangkan panjang irigasi yang akan dikerjakan minimal 150 meter, pengerjaannya sudah dimulai bulan ini," ungkap Emrizal.

12 Kecamatan yang mendapat RJIT itu adalah Palembayan 1 paket, Canduang 1 paket, Baso 2 paket, Matur 2 paket, Ampek Angkek 2 paket.

baca juga: BKSDA Rilis Trenggiling ke Cagar Alam Batang Palupuah

"Kamang Magek 2 paket, Tilatang Kamang 2 paket, Tanjung Raya 4 paket, IV Koto 1 paket, Malalak 1 paket, Lubuk Basung dan Palupuah masing-masing 1 paket," katanya.

Dengan hadirnya jaringan irigasi ini, kata Emrizal, diharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khusus petani dengan peningkatan produksi.

baca juga: Pemkab Agam Kembangkan Kawasan Kampung Ikan

(AMC)

Editor: Hatta Rizal