Ada Honorer K2 di Pasbar yang Sudah Belasan Tahun Mengabdi, Guspardi Gaus: Saya Akan Sampaikan ke Pusat

Anggota DPR RI, Guspardi Gaus saat mendengarkan keluhan Honorer K2 Pemerintahan Pasaman Barat
Anggota DPR RI, Guspardi Gaus saat mendengarkan keluhan Honorer K2 Pemerintahan Pasaman Barat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Anggota DPR RI Guspardi Gaus menyebut akan memperjuangkan dan menyampaikan aspirasi honorer Kategori 2 (K2) Pasaman Barat ke pemerintahan pusat.

"Kita akan menyampaikan kepada pemerintah pusat aspirasi honorer K2 Pasaman Barat ," sebut Guspardi Gaus usai sosialisasi UU nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN di auditorium kantor Bupati Pasaman Barat , Selasa (23/2).

baca juga: Titik Api Bermunculan di Pantai Pasaman Barat, Pegiat Wisata Khawatirkan Keselamatan Spesies Ini

Ia mengatakan ada honorer K2 di Pasaman Barat yang telah mengabdi selama 15 tahun dan belum juga diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tentu mereka akan susah bersaing dengan tenaga honorer yang baru.

"Mereka jelas tidak akan mampu dan akan merasa berat bersaing dengan tenaga honorer baru. Tadi mereka bercerita itu. Dalam segi usia saja tentu sudah jauh," katanya.

baca juga: Legislator Termuda Ini Sebut Ada Peluang Honorer K2 Pasbar Untuk Jadi PNS

"Ada yang menangis menyampaikan nasib mereka kepada saya. Mereka meminta hak nya, karena selama ini telah mengabdi selama bertahun-tahun," sambungnya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Pasaman Barat , Saifuddin Zuhri menerangkan ada sebanyak 1.045 tenaga K2 di Pasaman Barat . Jumlah tersebut terdiri dari tenaga guru, tekhnis dan tenaga kesehatan.

baca juga: Komisi I DPRD Pasaman Barat Bantah Ikut Serahkan Tanah Ulayat Non HGU PT GMP

"Pemerintahan pusat belum ada membuka peluang untuk tenaga honorer K2. Yang ada tahun ini untuk kategori pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K)," terangnya.

"Tahun ini memang ada, tapi untuk formasi guru. Kita sudah usulkan kepada Kemendikbud untuk pengangkatan tenaga P3K sebanyak 1.300 orang di Pasaman Barat ," sambungnya mengakhiri.

baca juga: Masyarakat Keluhkan Akses Masuk ke Kantor DPRD Pasbar Dihalangi Saat Hendak Sampaikan Aspirasi

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi