Terkait Vaksin Covid-19 Untuk TNI/Polri, Pemko Padang Tunggu Instruksi

Seorang tenaga kesehatan menunjukkan vaksin Sinovac
Seorang tenaga kesehatan menunjukkan vaksin Sinovac (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang masih menunggu instruksi untuk pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja pelayanan publik di daerah tersebut.

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, Pemerintah Kota Padang telah bersiap untuk melakukan penyutikkan vaksin tahap ke dua.

baca juga: Untuk Wilayah Sumbar, Indeks Pencemaran Udara di Kota Padang Terendah Selama 2020

"Hingga saat ini, kami belum mendapatkan informasi resmi terkait petunjuk teknis kapan pekerja pelayanan publik seperti TNI, Polri dan ASN yang akan divaksin," katanya.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kota Padang bersama jajaran masih menyelesaikan vaksinasi penyuntikan kedua pada tenaga kesehatan.

baca juga: Ramadan Kali Ini, Pemko Padang Tidak Buka Pasar Pabukoan

"Realisasi penyuntikan vaksin masih diangka 70 persen lebih. Diharapkan penyuntikan vaksin kedua pada tenaga kesehatan dapat dituntaskan akhir pekan ini," katanya.

Dengan demikian, vaksinasi pada pekerja pelayanan publik dapat dilakukan pada awal Maret setelah petunjuk teknis keluar.

baca juga: Ini Aturan Untuk Rumah Makan di Padang Selama Bulan Puasa

Menurutnya, program vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengakhiri pandemi yang telah terjadi hampir setahun lamanya.

"Untuk itu, diharapkan tidak ada pertentangan dari masyarakat perihal vaksinasi, karena telah melalui sejumlah uji klinis dan kehalalan," lanjutnya.

baca juga: Kualitas Udara Semakin Buruk, DLH Padang Rancang Perda Pengendali Udara

Sebelumnya, sebanyak 99.700 vaksin Covid-19 tahap dua untuk Sumatera Barat telah sampai di Kota Padang sejak Senin 22 Februari lalu.

Hingga saat ini vaksin masih disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi