Disapu Angin Kencang, Atap Rumah di Batang Arau Padang Ini Beterbangan

Kondisi salah satu rumah yang terkena dampak angin kencang di Kawasan Batang Arau
Kondisi salah satu rumah yang terkena dampak angin kencang di Kawasan Batang Arau (Ade Suhendra)

PADANG , KLIKPOSITIF - Satu unit rumah semi permanen rusak akibat diterjang angin kencang , Jumat 26 Februari 2021. Peristiwa ini terjadi di di RW 04 RT 03, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang - Sumbar.

Pemilik rumah Jamaludin (74 tahun) mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.45 WIB atau sebelum ia bersiap untuk melaksanakan salat Jumat ke masjid. Kemudian ia diberi tahu oleh istrinya, bahwa atap rumahnya sudah terbang dibawa angin kencang .

baca juga: Nilai Pesantren Ramadan Masuk dalam Nilai Agama

"Saya bergegas pulang kembali dan segera membersihkan bagian dalam rumah. Akibat kejadian ini berdampak pada tiga kamar yang ada dan untuk sementara barang-barang diungsikan ke kamar yang permanen di belakang rumah karena tidak terkena dampak angin kencang ," kata Jamaludin.

Ia bersyukur kejadian ini tidak ada mengakibatkan terjadi korban jiwa. Beberapa saat setelah kejadian, pihak kelurahan dan BPBD Kota Padang langsung turun ke lokasi dan memberikan bantuan cepat tanggap.

baca juga: 7.898 Guru Akan Dilibatkan dalam Pesantren Ramadhan di Kota Padang

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra menambahkan untuk kejadian lain akibat angin kencang terjadi di Pasar Ambacang dan Sawahan. Berdasarkan laporan, di dua titik ini terjadi pohon tumbang dan pihaknya telah mengatasi serta membersihkan batang kayu yang berada di sisi jalan

"Kami mengimbau kepada masyarakat, terkait perubahan cuaca saat ini dari kemarau dan tiba-tiba hujan untuk dapat berhati-hati. Sebab kondisi tanah sedang labil dan berpotensi longsor," ujar Sutan.

baca juga: Pasangan Muda Diminta Tunda Kehamilan, Kenapa?

Selain itu, kepada pengendara yang akan bepergian, baik itu melewati jalur Padang -Solok dan Padang -Painan agar tetap waspada. Kemudian juga kepada masyarakat yang akan berakhir pekan atau liburan ke arah Pantai Air Manis juga harus berhati-hati karena daerahnya cukup rawan bencana.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi