Tokoh Adat Tanah Datar Doakan Bupati dan Wabup Kompak Mengemban Amanah

Prosesi adat
Prosesi adat \\\"Tibo Bananti Datang Baanta\\\" di Gazebo Indo Jolito Batusangkar (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Tokoh adat (niniak mamak) Kabupaten Tanah Datar mendoakan agar Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian selalu kompak dalam mengemban amanah rakyat untuk memimpin daerah ini.

"Kami doakan Bapak Eka dan Bapak Richi selalu kompak dan harmonis dalam menjalankan amanah ini," ucap Sekretaris Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Luhak Nan Tuo, Hardisiswan Datuk Marah Bangso saat acara prosesi adat "Tibo Bananti Datang Baanta" di Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Sabtu 27 Februari 2021.

baca juga: Andre Rosiade: Kepala Daerah dari Gerindra harus Akur dengan Pasangan

Ia menyebut tertumpang doa dan harapan agar Bupati Eka Putra dan Wabup Richi Aprian selalu sehat dan diberi kekuatan untuk menjalankan amanah masyarakat.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk kembali bersatu dan bersama-sama membangun Tanah Datar .

baca juga: Hari Ini 7 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Satu Diantanya Balita

"Biduak lalu, kiambang batauik. Pilkada telah usai, mari kembali bersatu untuk satu kepentingan memajukan Tanah Datar ," tutur Hardisiswan.

Dalam prosesi adat tersebut Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian dilepas oleh ninik mamak beserta bundo kanduang dari Lintau IX Koto dan Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab. Kemudian kedua pimpinan daerah ini diserahkan secara adat kepada LKAAM Tanah Datar .

baca juga: Rencana Bangun Jalan Layang di Sitinjau Lauik, Bappenas: Pendanaan Bisa dari SBSN

Bupati Eka Putra sebagai anak kemenakan Lintau IX Koto berangkat bersama ninik mamak dan bundo kandung setempat dari Rumah Gadang Bandaro Putiah di Jorong Tanjuang Tangah Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara.

Sementara Wabup Richi Aprian anak kemenakan Nagari Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab berangkat dari Masjid Raya Rao-Rao.

baca juga: Dukung Program Kelautan dan Nelayan, Ini Komitmen Bupati Pessel dengan Danlantamal II Padang

Di kedua tempat itu, juga digelar doa bersama, bermohon kepada Allah SWT agar keduanya bisa menjadi pemimpin yang amanah, yang senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan menjalankan tugas yang mulia.

Bupati Eka Putra didampingi Ny. Lise Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian didampingi Ny. Patty Richi Aprian menggunakan pakaian tradisional Minangkabau. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri