Bupati Pasbar: Pendataan Warga Miskin Harus Diperbaiki

Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto
Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyebut masyarakat miskin harus benar-benar mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Untuk itu ia akan mengawali masa pemerintahannya dengan pendataan ulang.

"Selama ini saya lihat banyak warga kita sangat yang layak dibantu tidak mendapat perhatian," sebut Bupati Hamsuardi, di Simpang Empat, Minggu (28/2/2021).

baca juga: Pemko Pariaman Belajar Strategi Pengelolaan Wisata Sejarah ke Walikota Medan

Menurutnya hal itu harus menjadi perhatian utama. Untuk itu dirinya akan melakukan rapat bersama dengan instansi terkait terhadap permasalahan pendataan warga miskin ini.

"Saya dan wakil bupati Risnawanto akan menegaskan untuk didata kembali masyarakat miskin di Pasaman Barat. Warga miskin ini harus mendapat perhatian lebih," katanya.

baca juga: Terima Kunjungan Ombudsman, Wabup Pessel: Peningkatan Pelayanan Publik Sesuatu yang Mutlak

Ia juga menilai terhadap masyarakat yang dahulunya miskin, namun saat ini ekonominya sudah membaik tetap mendapat berbagai bantuan miskin dari pemerintah.

"Persoalan seperti inilah yang harus segera diperbaiki. Artinya, pendataan atau validasi keluarga miskin harus benar-benar dilakukan turun kelapangan oleh petugas," jelasnya.

baca juga: Komplotan Pencuri Batu Akik yang Dihiasi Berlian Senilai 11 Milyar Ditangkap Polisi

Selain itu ia juga menyebutkan dalam pendataan harus dilakukan secara bersama-sama oleh instansi terkait. Jangan ada perbedaan data antara satu dinas dengan dinas lainnya.

"Pendataan penduduk miskin itu harus dikeroyok bersama untuk mendapatkan data yang valid. Saya akan segera menggelar rapat bersama instansi terkait untuk bersama-sama mendata penduduk miskin," terangnya.

baca juga: Hilang Saat Melaut, Seorang Nelayan Asal Linggo Sari Baganti Pessel Ditemukan Meninggal

Ia pun menegaskan tim validasi data penduduk miskin ini perlu segera dibentuk. Setelah itu petugas pendataan langsung turun ke nagari (desa) dan kejorongan.

"Jika semuanya telah jelas, data ini akan kita laporkan ke pusat sehingga berbagai program dan bantuan akan menjadi tepat sasaran dan tak akan ada lagi kecemburuan sosial," tutupnya.

Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat baru dilantik bersama kepala daerah lain hasil Pilkada 2020 oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada Jumat (26/2) di Auditorium Gubernuran Sumbar di Padang.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Ramadhani