Dapat Jatah 1.500 Orang, Vaksin Covid Tahap Dua di Pessel Diprioritaskan Untuk TNI dan Polri

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat bakal melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap dua dengan sasaran TNI, Polri dan sisa dari tenaga kesehatan yang belum mendapatkan suntik vaksin Covid-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Pessel, Kariadi mengungkapkan, sasaran vaksinasi tahap dua akan disediakan untuk 1.500 orang dengan dua kali suntik dengan jarak 14 hari dari suntik pertama dan kedua.

"Data untuk TNI di Kodim 0311 dan Polres Pessel sekitar 800 orang, sementara sisanya sebanyak 700 orang itu kita suntikan kepada ASN Nakes yang belum mendapatkan vaksin," ungkapnya pada wartawan, Senin 1 Maret 2021.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi tahap dua masih belum bisa mencapai angka keseluruhan dari sasaran vaksinasi tahap dua yang sudah disosialisasikan sebelumnya.

Sebab, untuk vaksinasi tahap dua, Pemkab Pessel hanya mendapat jatah vaksin mencapai 300 vial atau hanya bisa penyuntikan vaksin sebanyak 10 orang. Sedangkan, kebutuhan mencapai puluhan ribu.

"Satu botolnya itu, bisa dimaksimalkan untuk penyuntikan vaksin sebanyak 10 orang. Artinya, dengan 300 Vial itu, sasaran vaksinasi yang akan dilakukan hanya bisa untuk 1.500 orang dengan dua kali suntik," terangnya.

Lanjutnya, saat ini dengan keterbatasan jumlah vaksin yang diterima, maka untuk sisanya yang telah masuk data vaksin untuk menunggu sampai datang vaksin tahap selanjutnya.

"Sementara Guru, ASN dan Pejabat Pelayanan Publik, Pedagang Pasar, Pelaku Pariwisata dan lainnya masih menunggu. Ini karena Vaksinnya masih terbatas," ujarnya.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi