Hasil PCR Swab Spesimen Covid di Pessel Masih Lambat, Wabup Minta Dinkes Lakukan Ini

Wabup Pessel, Rudi Hariansyah usai Rakor bersama OPD di lingkup Pemkab Pessel
Wabup Pessel, Rudi Hariansyah usai Rakor bersama OPD di lingkup Pemkab Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rudi Hariansyah meminta proses pengeluaran hasil tes dengan pengambilan sampel polymerase chain reaction (PCR) swab spesimen Covid -19 di daerah itu dipercepat lagi.

Rudi Hariansyah mengungkapkan, percepatan antara pengambilan sampel dengan hasil PCR swab, guna mencegah resiko yang lebih masif dan memastikan kondisi warga yang telah melakukan PCR swab.

baca juga: Tahun Ini, Ratusan SMKN 1 Sutera Berhasil Masuk PTN Unggul Lewat Tiga Jalur Seleksi Nasional

Sebab, menurutnya, jika terlalu lama jarak pengambilan sampel dengan hasil labor akan berisiko terjadi penularan kepada orang lain jika hasilnya positif.

"Karena mereka yang telah di-swab tetap berinteraksi dengan orang lain," ungkapnya sela mengisi rapat koordinasi bersama Kepala Perangkat Daerah bersama Bupati Pessel , Rusma Yul Anwar, Selasa 2 Maret 2021.

baca juga: Seorang Warga Pasir Pelangai Pessel Dilaporkan Hilang di Muara, Lokasinya Banyak Buaya

Ia meminta, Dinas Kesehatan dan jajaran Pemkab Pessel untuk bisa mempercepat lagi proses hasil PCR swab, dan jika memungkinkan bisa diproses pengeluar hasil tersebut pada hari yang sama setelah pengambilan sampel spesimen.

"Seharusnya dua atau tiga hari paling lama setelah sampel diambil hasil labor sudah keluar," terangnya.

baca juga: Paripurna Hari Jadi Pessel ke-73, DPRD Tantang Bupati dan Wakil Bupati Lakukan Hal Ini

Kekinian, Selasa 2 Maret 2021 berdasarkan laporan kasus Covid -19 dari Gugus Tugas Penanganan Covid Pessel , angka pasien terkonfirmasi positif sudah 1253 orang dengan catatan sembuh 1140 orang dan meninggal 39 orang.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi