Belasan UMKM Sumbar Ikuti KKI 2021 Seri I di Bank Indonesia

Suasana KKI 2021 Seri 1 di Aula Bank Indonesia Provinsi Sumbar
Suasana KKI 2021 Seri 1 di Aula Bank Indonesia Provinsi Sumbar (Ade Suhendra)

PADANG , KLIKPOSITIF - Belasan UMKM Sumbar ikuti Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1 bertema 'Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata' di Aula Bank Indonesia Provinsi Sumbar, Rabu 3 Maret 2021. Kegiatan yang digelar oleh Bank Indonesia (BI) ini merupakan salah satu langkah mendukung Pemerintah menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

Hasil pantauan KLIKPOSITIF , belasan UMKM ini terdiri dari pengrajin kain/fashion, pengusaha makanan dan minuman, pelaku kriya, dan Kopi. UMKM Sumbar yang mengikuti kegiatan KKI 2021 seri 1 ini adalah Kanaya, Ulya Sulam Bordir, Tenun Kubang H. Ridwan By, Tenun Balai Panjang, Tek Da Sulam, Batik Salingka Tabek, dan Maharani, Muthis Collection.

baca juga: Andre Rosiade Bawa 7 Kepala Daerah di Sumbar Berdialog dengan Menteri Koperasi dan UMKM

Kemudian juga ada pengusaha makanan dan minuman seperti Koperasi Solok Radjo, Ebony Coffee and Roastery, Arfams Durian, Hikecy Kerupuk Singkong, Amora Food, Rendang Mak Yus, dan Ladies Cake.

Gubernur BI Perry Warjiyo, dalam sambutan via virtual menyampaikan 4 hal yang akan didorong dalam KKI 2021 seri 1 sebagai bagian dari dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI. Pertama dikatakannya, tema KKI 2021 seri 1 dengan tagar #EksotismeLombok untuk mendorong pariwisata dan UMKM dari Nusa Tenggara Barat.

baca juga: Nilai Pesantren Ramadan Masuk dalam Nilai Agama

"Kedua, memperluas penggunaanQR Code Indonesian Standard(QRIS) ke seluruh Indonesia dengan menggerakkan 46 Kantor Perwakilan BI di dalam negeri, khususnya meningkatkan pengunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM). Ketiga, mengunggah produk-produk UMKM ke dalam platform digital e-katalog. Melalui e-katalog dan pembayaran yang mudah menggunakan QRIS, masyarakat semakin mudah mendapatkan akses menjangkau produk UMKM serta keempat, sinergi dalam menyukseskan Gernas BBI dan BWI," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut berbeda dibandingkan penyelenggaraan KKI pada tahun sebelumnya, penyelarasan kegiatan KKI 2021 dengan Gernas BBI dan BWI bertujuan memberikan nilai tambah dan dampak yang lebih besar dalam mendukung kemajuan UMKM . KKI 2021 berfokus pada penguatan peran daerah dalam mempromosikan produk-produk UMKM , perluasan cakupan UMKM yang difasilitasi (binaan dan non binaan), dan perluasan jangkauan promosi produk UMKM hingga luar negeri melalui edukasi dan webinar potensi pasar global kepada UMKM ,businessmatching; serta fasilitasi keikutsertaan UMKM pada pameran/showcase.

baca juga: 7.898 Guru Akan Dilibatkan dalam Pesantren Ramadhan di Kota Padang

"KKI 2021 seri 1 diikuti oleh 421 UMKM yang berpartisipasi dalam pameran produk virtual/onlineyang terdiri dari 136 pengrajin kain/fashion, 145 pengusaha makanan dan minuman, 92 pelaku kriya, dan 48 UMKM Kopi. Selain itu, sebanyak 678 UMKM juga turut berpartisipasi dalam pameran fisik melalui 46 Kantor BI di dalam negeri. BI mengajak masyarakat untuk menghadiri berbagai rangkaian kegiatan KKI secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id ," ujarnya didampingi Kepala Departemen Komunikasi dan Direktur Eksekutif
Informasi tentang Bank Indonesia Erwin Haryono.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani