Empat UMKM Asal Payakumbuh dan Lima Puluh Kota Ikuti KKI 2021 Seri 1 di Padang

Stand Rendang Mak Yus saat ramai dikunjungi pada acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1
Stand Rendang Mak Yus saat ramai dikunjungi pada acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 (Ade Suhendra)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 4 Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) ikuti Karya Kreatif Indonesia 2021 di Aula Bank Indonesia Provinsi Sumbar, Rabu 3 Maret 2021. Keempat UMKM ini adalah Rendang Mak Yus, Muthis Collection, Tenun Balai Panjang Payakumbuh , dan Tenun Kubang H. Ridwan By yang juga merupakan Binaan Wirausaha Bank Indonesia (WUBI).

Wahyu Hidayat Mazin dari Rendang Mak Yus mengatakan event KKI 2021 seri 1 ini merupakan event nasional yang sangat bagus untuk pengembangan brand Rendang Mak Yus ke depan. Sebab sebagai brand lokal, event nasional ini sangat dibutuhkan agar orang-orang dapat mengenalnya.

baca juga: Andre Rosiade Bawa 7 Kepala Daerah di Sumbar Berdialog dengan Menteri Koperasi dan UMKM

"Selain itu, Bank Indonesia juga menjadi pembina UMKM khususnya Rendang Mak Yus yang telah membina kurang lebi selama setahun ini. Kemudian event ini juga dimanfaatkan untuk mengembangkan jaringan dan mitra strategis yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan Rendang Mak Yus ke depannya," ujar Wahyu yang juga merupakan Ketua Koperasi Sentra Rendang Payakumbuh .

Sementara itu, pemilik Muthis Collection Midio Sri Dewi yang juga merupakan UMKM binaan BI menjelaskan KKI 2021 seri 1 ini diharapkan menjadi ajang promosi brand Muthis Collection sebagai sebuah merk dibidang fesyen, terutama gamis, syar'i, khimar, dan daily wear. Kemudian hadirnya brand Muthis Collection ini diajang nasional ini juga diharapkan dapat dilirik oleh pembeli.

baca juga: Masih Pandemi, Pemko Payakumbuh Tak Rekomendasikan Tradisi Balimau

"Bank Indonesia sangat membantu sekali dalam mendapatkan pembinaan lebih lanjut dan sekaligus untuk memotivasi diri lebih baik lagi dalam mengembangkan brand ini ke depannya. Saya juga berharap dengan dibina oleh BI ke depannya dapat mengembangkan usaha ini dengan memiliki distributor di berbagai daerah yang ada di Sumbar atau luar sana," ujar Midio.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi