Perkuat Generasi Muda, BNNK Payakumbuh Seleksi Puluhan Pelajar

Puluhan pelajar SMA Payakumbuh ikuti seleksi Duta SINAR di Kantor BNNK Payakumbuh beberapa waktu lalu
Puluhan pelajar SMA Payakumbuh ikuti seleksi Duta SINAR di Kantor BNNK Payakumbuh beberapa waktu lalu (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Puluhan pelajar SMA di Payakumbuh telah mengikuti seleksi Duta Generasi Anti Narkoba (SINAR) di awal Februari 2021 lalu. Duta SINAR ini merupakan salah satu program prioritas nasional dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan membentuk Remaja Teman Sebaya.

Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Sarminal mengatakan untuk Remaja Teman Sebaya di Payakumbuh , maka dilakukan pembentukan Duta SINAR. Pada kegiatan ini dikatakannya akan dipilih beberapa kader remaja yang akan mendapat pendalaman pemahaman P4GN yaitu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dan keahlian atau keterampilan lain yang akan menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi role model yang memiliki pengaruh yang kuat.

baca juga: Masih Pandemi, Pemko Payakumbuh Tak Rekomendasikan Tradisi Balimau

"Kegiatan akan berlangsung selama tahun anggaran 2021 dengan tujuan akhir Duta Sinar dapat melakukan kegiatan offline maupun online dalam P4GN dan memberikan pengaruh positif bagi remaja Kota Payakumbuh untuk berperilaku Hidup 100 Persen demi menciptakan Kota Payakumbuh bersih dari narkoba. Kegiatan ini sendiri telah berlangsung sejak 8-22 Februari 2021 lalu," kata AKBP Sarminal.

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Payakumbuh Indra Yulita menambahkan Duta SINAR atau Generasi Anti Narkoba ini adalah remaja teman sebaya anti narkoba yang dibentuk oleh BNN Kota Payakumbuh . Duta Sinar ini dijelaskannya akan dipilih dari 15 perwakilan SLTA se-Kota Payakumbuh dan masing-masing sekolah ini mengirimkan perwakilan masing-masing 2 orang.

baca juga: Jadi TO Ops Antik Singgalang 2021, Dua Tersangka Narkoba Dibekuk Polres Payakumbuh

"Nanti akan dipilih 10 orang terbaik sebagai Duta SINAR dan akan mendapatkan pembinaan mendalam mengenai P4GN serta keahlian soft skill yang dapat membentuk mereka menjadi role model dan influencer bagi teman sebaya mereka. Seleksi Duta Sinar ini telah dilakukan sejak tanggal 8 Februari hingga 22 Februari 2021 dengan 5 domain seleksi yaitu

uji tertulis, wawancara seperti kapasitas, minat, sumber daya, dan sosial," kata Indra Yulita, Kamis 4 Maret 2021.

baca juga: Rencana Bangun Jalan Layang di Sitinjau Lauik, Bappenas: Pendanaan Bisa dari SBSN

Untuk jumlah keseluruha, Indra Yulita mengatakan tercatat sebanyak 27 orang pelajar SMA yang mengikuti ujian atau seleksi. Nantinya setelah pengumuman 10 terbaik maka Duta SINAR terpilih mereka akan mendapat pelatihan dan tugas P4GN serta kegiatan-kegiatan positif lainnya dalam bentuk online ataupun offline.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri