Pemko Payakumbuh Segera Serahkan LKPD 2020, Incar WTP Keenam Beruntun

Tim Pemeriksa interim BPK RI Sumbar saat memeriksa LKPD Pemko Payakumbuh untuk tahun 2020.
Tim Pemeriksa interim BPK RI Sumbar saat memeriksa LKPD Pemko Payakumbuh untuk tahun 2020. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh berencana menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2020 ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumbar. di Padang, Jumat (5/3) besok.

Dari laporan yang nantinya akan diaudit tersebut, Pemko Payakumbuh menargetkan untuk bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) untuk keenam kalinya secara beruntun.

baca juga: Masih Pandemi, Pemko Payakumbuh Tak Rekomendasikan Tradisi Balimau

"Hingga saat ini Pemko Payakumbuh telah meraih lima kali opini WTP secara berturut-turut," kata Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz, Kamis (4/3).

Ia mengatakan LKPD Kota Payakumbuh telah dilakukan pemeriksaan interim oleh Tim Pemeriksa interim BPK RI Sumbar. Hal itu diharapkan dapat mendorong Pemko Payakumbuh untuk melaksanakan tata kelola keuangan serta kinerja yang lebih baik dan bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan.

baca juga: Jadi TO Ops Antik Singgalang 2021, Dua Tersangka Narkoba Dibekuk Polres Payakumbuh

"Mudah-mudahan kita kembali mendapatkan opini WTP yang ke 6 secara berturut-turut," ujarnya.

Ketua Tim Pemeriksa Interim BPK Sumbar untuk Payakumbuh , Azmi Septriadi mengatakan pemeriksaan interim merupakan pemeriksaan awal yang dilakukan pada tahun berjalan atau sebelum LKPD diserahkan oleh pemerintah daerah kepada BPK.

baca juga: Jual Sabu ke Polisi, Warga Simbaladuang Ditangkap

Pemeriksaan interim bertujuan untuk menilai efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI). PIhaknya telah 32 hari berada di Payakumbuh untuk melakukan pemeriksaan ini.

"Ya kita telah 32 hari di Payakumbuh melakukan pemeriksaan interim ini, dan hari ini telah selesai, selanjutnya kita menunggu Pemko Payakumbuh menyerahkan LKPD nya ke BPK baru kita lanjut ke pemeriksaan terperinci" katanya.

baca juga: Semangat Berbagi Masyarakat Tetap Naik di Masa Pandemi

Ia mengatakan pemeriksaan ini nantinya ditargetkan untuk mendukung pemeriksaan terperinci terhadap pemeriksaan LKPD yang akan dimulai tanggal pada 15 Maret 2021 sampai dengan 30 hari berikutnya.

Selama ini, katanya selama ini permasalahan keuangan di Payakumbuh tidak ada kendala dan masalah dalam LKPD Pemko Payakumbuh .

"Semua kebijakan-kebijakan keuangan Pemko Payakumbuh dan jajarannya sudah bagus. Dan kita lihat Pemko Payakumbuh termasuk daerah yang cepat dalam menyerahkan LKPD nya kepada BPK dan kita sangat mengapresiasi itu," ujarnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat