Perdana, Ketua DPRD Resmikan Penanaman Umbi Porang di Lima Puluh Kota

Ketua DPRD Deni Asra saat melakukan penanaman perdana Umbi Porang di Lima Puluh Kota
Ketua DPRD Deni Asra saat melakukan penanaman perdana Umbi Porang di Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Ketua DPRD Lima Puluh Kota resmikan penanaman perdana umbi porang di Kabupaten Lima Puluh Kota , Jumat 5 Maret 2021. Tanaman umbi porang ini masih terasa asing oleh sebagian orang di Lima Puluh Kota .

Deni Asra mengatakan saat ini belum banyak yang tahu tentang tanaman umbi porang. Ia menjelaskan bahwa tanaman yang rendah kalori ini adalah jenis tanaman umbi-umbian yang bisa tumbuh dengan mudah.

baca juga: Kisah UM Sumatera Barat yang Raih Klik Award Karena Sukses Membangun Kampung Sarugo

"Tapi di belahan utara Lima Puluh Kota , tepatnya di Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka tanaman umbi porang ini tengah menjadi primadona bagi petani terutama Kelompok Tani Muda Jaya Porsika. Ini ditandai dengan dilakukannya tanam perdana umbi porang yang langsung dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Eki Purnama dan Zulfahmi dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja," kata Deni.

Ia menambahkan bahwa dirinya menyambut baik semangat Poktan Muda Jaya dalam membudidayakan umbi porang yang juga dikenal dengan sebutan tanaman dolar ini. Apalagi menurutnya perekonomian masih belum pulih akibat pandemi COVID-19.

baca juga: Mentan: Sumbar Harus Kelola Hasil Pertanian Hingga Pemasaran

"Bertanam umbi porang bisa sebagai alternatif dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Untuk itu, kami bersama Pemkab akan mendukung penuh agar petani yang menanam umbi porang bisa eksis di tengah masyarakat dan kami juga akan membantu melakukan penguatan dalam hal pemasaran ke depannya," ujar Deni yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Lima Puluh Kota .

Menurutnya, umbi porang ini memiliki banyak manfaatnya, dimana selain sebagai sumber makanan sehat rendah kalori juga bisa untuk pengobatan berbagai penyakit seperti kolesterol, diabetes, dan kanker. Ia berharap ke depannya para petani lain juga dapat melirik dan bertanam umbi porang.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Bantuan Safari Ramadan Rp7,5 Juta Per Masjid dan Musala

Secara terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Eki H. Purnama menyambut baik dan mengapresiasi tinggi kepada Poktan Muda Jaya atas budidaya umbi porang di lima puluh kota . Ia mengatakan pihaknya akan mendukung penuh apa yang dilakukan petani di Nagari Simpang Kapuak ini yang menanam umbi porang.

"Dinas akan support budidaya ini sesuai tupoksi kami apalagi ada Ketua DPRD Deni Asra yang kabarnya telah mencoba menanam pula di pekarangan rumahnya," kata Eki Purnama.

baca juga: Agendakan 55 Kunjungan, Begini Teknis Safari Ramadan Pemkab Pessel Tahun Ini

Sementara itu, Ketua Poktan Muda Jaya Yudi Fabio mengatakan kelompoknya akan tanam umbi porang tersebut di seluruh lahan anggota kelompok dengan luas lebih dari 5 Ha. Ia berharap Pemkab dan DPRD bisa mendukung budidaya umbi porang tersebut.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani