Politik

Tolak KLB Sibolangit, DPC Demokrat Kota Solok Solid Bersama AHY

Pernyataan sikap DPC Demokrat Kota Solok yang menolak KLB PD Sibolangit
Pernyataan sikap DPC Demokrat Kota Solok yang menolak KLB PD Sibolangit ((ist))

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat kota Solok, Sumatra Barat menyatakan sikap menolak Kongres Luar Biasa (KLB) yang dilakukan di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara.

Pernyataan sikap itu disampaikan sekretaris DPC Demokrat Kota Solok, Fernandes yang didampingi segenap pengurus partai Demokrat kota Solok, Jum'at (5/3/2021) di kantor DPC Kota Solok.

baca juga: Partai Demokrat Akan Menerima Moeldoko Jadi Anggota Partai, Ini Syaratnya

"Kami menolak KLB yang dilakukan di Medan karena tidak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat ," tutur Fernandes.

Menurutnya, KLB Sibolangit merupakan tindakan atau langkah politik inkonstitusional dan tidak sesuai dengan aturan main yang disepakati dalam tubuh partai Demokrat.

baca juga: Kubu Moeldoko : Mudah-mudahan SBY dan AHY Menyampaikan Permohonan Maaf kepada Presiden Jokowi

Dalam aturan partai, katanya, untuk pelaksanaan KLB ada tiga syarat yang harus dipenuhi, pertama dukungan dari 2/3 pengurus DPD yang sah, kemudian dukungan minimal setengah dari pengurus DPC yang sah dan persetujuan majlis tinggi partai.

"KLB Sibolangit itu ilegal dan tidak sesuai dengan aturan partai, untuk itu kami pastikan menolak apapun hasil KLB," tegasnya.

baca juga: Jansen Sitindaon: Ilegal, Tak Ada yang Bisa Mereka Gugat

Pihaknya menegaskan, masih setia dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang masih menjabat sebagai ketua umum Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat .

"Kami masih setia dan menunggu perintah dari DPP Partai Demokrat dibawah kepemimpinan AHY pasca Kongres Luar Biasa yang dilakukan," tuturnya.

baca juga: Moeldoko Disebut Akan Tertibkan Internal Partai Demokrat

Sebelumnya, Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat dilakukan di The Hill Hotel And Resort, Deli Serdang. Dalam agenda politik untuk menumbangkan kepemimpinan AHY itu diklaim dihadiri tokoh pendiri hingga pengurus DPD dan DPC.

Dalam kongres luar biasa itu, terpilih Jendral Purn. Moeldoko sebagai Ketua umum versi KLB Sibolangit.

Editor: Syafriadi