Sijunjung Ingin Buat Produk Karbol Berbahan Baku Serai Wangi

Tanaman Serai Wangi
Tanaman Serai Wangi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Kabupaten Sijunjung Sumbar terus berupaya meningkatkan kemandirian desa dengan cara membentuk BUMNag (Badan Usaha Milik Nagari) di setiap nagari. Tak hanya itu, BUMNag juga didorong menciptakan produk yang berbahan baku alami dengan memanfaatkan hasil pertanian warga sekitar.

Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Sijunjung Delzi Fajri mengungkapkan, salah satu potensi produk yang bisa dikembangkan di Sijunjung adalah karbol yang berbahan baku serai wangi . Menurutnya, saat ini banyak petani serai wangi yang ekonominya terpuruk akibat pandemi, sehingga diperlukan terobosan baru agar petani-petani bisa mandiri dan ekonominya menjadi kuat.

baca juga: Cerita Tenaga Ahli Desa Sijunjung yang Memproduksi Karbol Berbahan Baku Serai Wangi

"Harapan terhadap BUMNag selain meningkatkan kemandirian desa adalah sebagai badan usaha yang dapat menampung dan mengelola hasil pertanian masyarakat yang manfaat dan tujuannya dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Selama ini produksi petani selalu tergantung dengan 'harga Toke' dan naik turunnya harga ini mempengaruhi kehidupan petani yang berada di desa," ujar Delzi Fajri, Jumat 5 Maret 2021.

Delzi Fajri menyebut, selama ini ada potensi terpendam yang belum terlaksana pada petani serai di daerahnya dan itu adalah merubah bahan baku menjadi bahan jadi dengan harapan nantinya bahan jadi itu dapat diaplikasikan dalam sebuah produk yang bersifat alami dan ramah lingkungan.

baca juga: Karbol Tasarai Berbahan Baku Serai Wangi Diuji Coba, Ini Penjelasan Delzi Fajri

"Saya berpikir bahwa BUMNag lah yang paling tepat untuk melakukan hal tersebut sebagai wadah petani dan usaha masyarakat desa untuk mencapai kemandirian desa," ungkap Alumni Fakultas FMIPA Jurusan Biologi Unand dan anggota Mapala Unand ini.

Ia menjelaskan, pembuatan karbol sangat memungkinkan dilakukan, karena tanaman serai wangi mengandung desinfektan alami sebagai pembersih lantai, kaca, kamar mandi, penghilang bau, pengusir lalat, kecoa, semut,dan lain sebagainya.

baca juga: Polres Sijunjung Amankan 30 Sepeda Motor saat Operasi Cipkon

Jika ini terlaksana, dirinya sangat yakin harga serai wangi akan terus stabil di pasaran, dan pertumbuhan UMKM akan meningkat karena ada produk yang bisa dijual masyarakat di pasaran.

Editor: Haswandi