PNS yang Terpilih Pilwana Mesti Cuti dan Fokus sebagai Wali Nagari

Kepala Dinas PMNP2-KB Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Wendi
Kepala Dinas PMNP2-KB Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Wendi (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Pegawai negeri sipil (PNS) yang terpilih dalam pemilihan wali nagari (Pilwana) mesti fokus di nagari dan cuti dari kerjanya sebagai aparatur sipil negara (ASN) sampai masa jabatan wali nagarinya berakhir.

Kepala Dinas PMNP2-KB Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Wendi mengatakan tidak ada larangan bagi aparatur PNS untuk ikut calon peserta Pilwana. "Ya, jadi tidak ada larangan. Tapi, kalau terpilih harus cuti sementara sebagai PNS. Begitu juga bagi calon dari TNI dan Polri," ungkapnya pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, sejauh ini untuk Pilwana Pessel pada April 2021 pihaknya sudah memastikan jumlah nagari yang bakal mengikuti sebagai peserta. Setidaknya, ada sebanyak 31 nagari. " Untuk mekanismenya kita mengacu Permendagri Nomor 72 Tahun 2020. Terkait Pilkades atau Pilwana di tengah pandemi," terangnya.

Sedangkan, untuk syarat peserta dari PNS, TNI-Polri yang ingin mengajukan diri maju sebagai calon Pilwana mesti ada izin resmi dari atasan masing-masing instansi. "Boleh, dengan syarat harus dapat izin resmi dari pimpinan masing-masing instansi. Kalau PNS minimal Sekda," ungkapnya pada KLIKPOSITIF

Menurutnya, sejauh ini belum ada kendala dan tahapan Pilwana sudah dimulai sejak 5 Februari 2021 lalu. "Pada 5 Februari tahapan kita sudah mulai. Jadi semua dari sekarang sudah berjalan sampai pemilihan 10 April nanti," tutupnya.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani