Karbol Tasarai Berbahan Baku Serai Wangi Diuji Coba, Ini Penjelasan Delzi Fajri

Uji coba Karbol Tasarai di salah satu pasar tradisional di Sijunjung
Uji coba Karbol Tasarai di salah satu pasar tradisional di Sijunjung (Screenshot)

KLIKPOSITIF - Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Sijunjung - Sumbar, Delzi Fajri menegaskan jika rencana pembuatan karbol dengan bahan baku serai wangi bukan isapan jempol belaka.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya telah membuat formula karbol dan telah melakukan uji coba di berbagai tempat ( klik di sini untuk melihat videonya ).

baca juga: Bupati Sijunjung Sebut Kedatangan Sandiaga ke Silokek karena Andre Rosiade

" Karbol yang kami buat ini, kami beri nama Karbol Tasarai . Karbol serai wangi ini nantinya menjadi produk UMKM yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, Karbol Tasarai yang mengandung desinfektan alami ini memiliki banyak fungsi, di antaranya sebagai pembersih lantai, kaca, kamar mandi, penghilang bau, pengusir lalat, kecoa, semut, dan sebagainya.

baca juga: Mengenal Karbol Tasarai yang Membawa Koperasi Pegawai Madina Raih Penghargaan Klik Award

"Kami tetap berusaha meningkatkan kemampuan daya jelajah dengan melakukan beberapa uji coba yang lebih luas ke masyarakat, baik dengan cara aplikasi langsung sebagai pembersih dan desinfektan di dalam ruangan maupun di luar ruangan dengan melakukan fogging di pasar tradisional," ujar Delzi Fajri .

Ia melanjutkan, fogging juga dilakukan di tempat wisata dan kuliner, rumah ibadah, pemukiman warga, lingkungan kampus dan fasilitas umum lainnya. Sementara itu fogging juga dilakukan untuk menghilangkan aroma tak sedap di tempat-tempat yang menebar bau seperti di tempat sampah, tempat pengumpulan getah karet dan tempat sampah medis.

baca juga: Cerita Tenaga Ahli Desa Sijunjung yang Memproduksi Karbol Berbahan Baku Serai Wangi

"Dari setiap tempat uji coba karbol Tasarai, Alhamdulilah produk ini mendapatkan perhatian dan respons positif dari masyarakat maupun instansi tempat dilakukannya uji coba," ungkapnya.

Untuk saat ini produk Karbol Tasarai masih bersifat uji coba dan masih digunakan untuk lingkungan sendiri.

baca juga: Sijunjung Ingin Buat Produk Karbol Berbahan Baku Serai Wangi

"Saya berharap izin PKRT (PembekalanKesehatanRumahTangga) dari dinas terkait bisa selesai dalam waktu dekat, sehingga bisa di pasarkan ke masyarakat luas," harapnya.

Editor: Haswandi