BNNK Payakumbuh Gandeng Wartawan untuk Sosialisasikan P4GN

Sosialisasi P4GN oleh BNNK Payakumbuh dengan wartawan di Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.
Sosialisasi P4GN oleh BNNK Payakumbuh dengan wartawan di Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh menggandeng para wartawan yang bertugas di wilayah Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota untuk mensosialisasikan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di tengah-tengah masyarakat.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Payakumbuh Indra Yulita mengatakan, wartawan selaku corong informasi di masyarakat merupakan aspek penting dalam memasifkan sosialisasi P4GN.

baca juga: Masih Pandemi, Pemko Payakumbuh Tak Rekomendasikan Tradisi Balimau

Menurutnya, kampanye dalam memberantas dan pergerakan anti narkoba kepada seluruh elemen yang ada, informasi akan lebih cepat meluas oleh wartawan melalui media masing-masing.

"Alhamdulillah selama ini kesadaran masyarakat terus meningkat. Salah satunya dalam upaya rehabilitasi, setiap tahun semakin banyak masyarakat yang sadar untuk memberikan rehab kepada keluarganya yang terlibat penggunaan narkoba," ujarnya.

baca juga: Jadi TO Ops Antik Singgalang 2021, Dua Tersangka Narkoba Dibekuk Polres Payakumbuh

Ketua Balai Wartawan Luak Limopuluah Afridel Ilham mengatakan selama ini memang kebanyakan berita dari media yang dibuat wartawan adalah tentang kejadian atau berita kasus.

"Memang kalau dilihat dari menariknya, berita kejadian ini akan lebih banyak dibaca. Sehingga banyak wartawan yang memang lebih memilih untuk menulis ini," ungkapnya.

baca juga: Jual Sabu ke Polisi, Warga Simbaladuang Ditangkap

Namun, sambungnya ada banyak hal dalam pelaksanaan pencegahan yang dapat dikembangkan atau ditulis oleh wartawan tentunya ini juga membutuhkan koordinasi dengan pihak BNNK.

"Sekarang bagaimana kita berkoordinasi dalam upaya pencegahan, kami siap untuk mendukung program dari BNNK dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

baca juga: Semangat Berbagi Masyarakat Tetap Naik di Masa Pandemi

Sekretaris Kominfo Pemkot Payakumbuh Dasril mengatakan Pemkot Payakumbuh melalui Diskominfo akan mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

"Kami akan melakukan diseminasi informasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dan mengembangkan kerjasama dengan BNNK Payakumbuh dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Serta sosialisasi P4GN kepada pegawai dan PNS," katanya. (*)

Editor: Taufik Hidayat