Nama Cita Citata Disebut dalam Persidangan Kasus korupsi, Warganet: Titip salam Buat Labuan Bajo

Cita Citata
Cita Citata ([Herwanto/Suara.com])

KLIKPOSITIF - Instagram pedangdut Cita Citata belakangan diserbu warganet usai terseretnya nama wanita asal Bandung itu dalam kasus korupsi bansos Covid-19.

Warganet langsung mempertanyakan perihal keterkaitan nama Cita Citata dalam kasus tersebut.

baca juga: Puan: Tingkatkan Kualitas Layanan dan Fasilitas Kesehatan di Seluruh Indonesia

Dilansir dari Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, unggahan terakhir Cita Citata pada Senin (8/3/2021), kolom komentar foto kebersamaan pedangdut bersama para pembawa acara Brownies itu dipenuhi reaksi warganet soal bansos .

"Bansosnya kuy," tulis @gil******.

baca juga: Ini Deretan Bonus yang Menanti Greysia-Apriyani Usai Cetak Sejarah di Olimpiade, Ada Kopi Seumur Hidup

"Ke sini gara-gara bansos , jadi kepo ai," imbuh @shep****.

"Ninggalin jejak sebelum diserbu netijen bahas aliran bansos corona, mumpung belum ramai," komentar @rangga********.

baca juga: Anggaran Rp3,668 Triliun BOS Madrasah Tahap II 2021 Segera Cair

"Titip salam buat Labuan Bajo," sindir warganet lain.

Untuk diketahui, nama Cita Citata disebut-sebut dalam sidang kasus korupsi bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 Kemensos dengan terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

baca juga: PPKM Diperpanjang, Persoalan Bansos Harus Serius Diperhatikan

Hal itu terungkap saat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako Covid-19 Matheus Joko Santoso menjadi saksi di sidang kedua terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (8/3/2021).

Dia diminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyampaikan rincian penggunaan Rp 14,7 miliar uang yang berasal dari "fee" perusahaan penyedia bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19.

Berdasarkan keterangan Matheus, ada 25 kegiatan yang masuk dalam penggunaan duit haram tersebut. Salah satunya untuk pembayaran honor Cita Citata ada di nomor 24.

"Pembayaran artis Cita Citata , untuk kegiatan rapat di Labuhan Bajo Rp 150 juta," katanya, dikutip dari Antara.

Soal nama Cita Citata yang disampaikan di persidangan ini, Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com masih berusaha berupaya menghubungi sang pedangdut untuk klarifikasi.

Sementara itu, JPU juga bertanya kenapa 25 kegiatan tersebut diambil dari "fee" dengan total 14,7 miliar.

"Saya kurang tahu hanya diminta Pak Adi untuk menemui Pak Yonda, lalu ketemu di koridor Mall Green Pramuka," jawab Matheus.

Adi yang dimaksud adalah Adi Wahyono yang merupakan Kabiro Umum Sekretariat Jenderal Kemensos sekaligus Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satuan Kerja Kantor Pusat Kemensos tahun 2020 dan PPK pengadaan bansos sembako Covid-19.

Dalam kasus korupsi bansos Covid-19 Kemensos, KPK telah menetapkan beberapa tersangka. Mereka adalah Mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, Adi Wahyono, dan Matheus Joko Santoso.

Sementara dari pihak swasta ada Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja. Keduanya didakwa menyuap Juliari agar menunjuk perusahaan mereka sebagai penyedia bansos sembako Covid-19.

Harry dan Ardian disebut jaksa memberikan "fee" 10 ribu per paket bansos ke Juliari. Berdasarkan keterangan Matheus, total dari fee tersebut berjumlah 16,7 miliar, tapi yang diberikan ke Juliari Rp 14,7 miliar.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri