DPMDPP-KB Pessel Lakukan Pendataan Keluarga 2021, Kadis: Harapkan Keikutsertaan Masyarakat

Kepala DPMDPP-KB Pessel, Wendi
Kepala DPMDPP-KB Pessel, Wendi (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPP-KB) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat bakal melaksanakan Pendataan Keluarga (PK) 2021, pada April mendatang.

Kepala DPMDPP-KB Pessel, Wendi mengungkapkan, pendataan keluarga merupakan kegiatan rutin pemerintah setiap tahun dalam menyusun basis data keluarga Indonesia untuk menjadi acuan pemerintah dalam program dan kegiatan.

"Diantaranya untuk mengetahui hasil PUS (pasangan usia subur), data balita, data keluarga yang memiliki remaja, begitu juga dengan lansia dan lainnya," ungkapnya pada KLIKPOSITIF, Selasa 9 Maret 2021.

Menurut Wendi, PK 2021 akan dilaksanakan selama dua bulan penuh mulai 1 April hingga 31 Mei 2021, dan dalam pendataan ini pihaknya mengharapkan keikutsertaan masyarakat dalam menyukseskannya.

"Selama 2 bulan petugas lini lapangan kami akan bekerja keras mendata keluarga by name by addres," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP-KB), DPMDPP-KB Pessel, menyebutkan data dalam PK 2021 yang akan didata ada sekitar 129.000 keluarga.

Hal itu sudah disiapkan dengan pembentukan kader lini lapangan yang ada di tingkat Nagari difasilitasi oleh Pelaksana Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Selain tingkat nagari, sebelumnya kata dia pelatihan tim kabupaten sudah dibekali di BKKBN Provinsi Sumatera Barat dan dalam waktu dekat pelatihan itu akan diteruskan bagi petugas lapangan.

Berdasarkan data PK 2021, pihaknya bakal menyasar 115 ribu data keluarga, mengingat keterbatasan dan ketersediaan SDM petugas di daerah itu.

"Dan memang target kita menyasar 115 ribu saja sesuai dengan ketersediaan dan kemampuan SDM," tutupnya.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri