Pemkab Kepulauan Mentawai Minta Dukungan Provinsi Lanjutkan Pembangunan Trans Mentawai

Trans Mentawai
Trans Mentawai (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pembangunan Trans Mentawai yang saat ini masih belum selesai diajukan kembali oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Untuk Trans Mentawai di Pulau Sipora sudah selesai. Tinggal yang di Pulau Siberut yang masih belum," kata Bupati Kepulauan Mentawai , Yudas Sabaggalet, Selasa 9 Maret 2021.

baca juga: M. Zuhrizul Pimpin IATTA Sumbar, Fokus Kesiapan SDM Wisata Minat Khusus

Menurutnya, panjang jalan di Pualau Sipora yang telah diselesaikan mencapai 80 kilometer dan dilanjutkan dengan Trans Mentawai di Pulau Siberut. "Kita masih terus berproses untum Trans Mentawai yang di Pulau Siberut ini," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk Trans Mentawai di Pulau Siberut saat ini yang dibangun masih sekitar 20 persen dari jalur sepanjang lebih dari 300 kilometer itu. "Pulau Siberut kan besar dan banyak rawa-rawa. Jadi untuk pembukaan jalannya ini memang lebih sulit dibanding Pulau Sipora. Makanya setiap TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kami selalu mengajukan," katanya.

baca juga: Amankan Libur Lebaran dan Jaga Prokes, Puluhan Personel Satpol PP Ditugaskan 24 Jam

Sementara itu, untuk betonisasi di Pulau Siberut menurutnya masih 20 persen dari total panjang Trans Mentawai 393 kilometer. "Masih sekitar 20 persen yang sudah dilakukan betonisasi dan kami masih terus mengupayakan untuk menembus sampai ke Siberut Barat," lanjutnya.

Menurutnya, jika Trans Mentawai selesai, maka mobilitas masyarakat akan lebih mudah, sehingga perekonomian juga lebih mudah dibanding saat ini.

baca juga: Puskesmas Andalas Telah Vaksin Ribuan Warga

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani