Ini Alasan Sumbar Pantas Budidayakan Lobster

Lobster
Lobster (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera barat meminta Kementrian menjadikan Kabupaten Kepulauan Mentawai salah satu daerah budidaya benih lobster ekspor pada tahun 2021 ini.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat, Yosmeri, ada beberapa alasan kenapa Kabupaten Kepulauan Mentawai ditunjuk sebagai daerah budidaya benih lobster.

baca juga: Dinas Pertanahan Kota Padang Akan Data Ulang Aset Pemko

"Tahun lalu itu ada sebanyak enam perusahaan yang melakukan pengecekan benih lobster di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan mereka sudah melakukan survei. Benih lobster di sana sangat bagus untuk diekspor," katanya.

Menurutnya, dari hasil survei tersebut nelayan nantinya bisa menangkap bibit lobster dan melakukan budidaya dengan adanya bantuan dari pemerintah untuk membuat lahan budidaya. "Selain itu, dengan nelayan melakukan budidaya tersebut, juga bisa menambah penghasilan mereka dan angka kemisinan akan teratasi," lanjutnya.

baca juga: Layanan Online Disdukcapil Kota Padang Kembali Dibuka

Selain alasan tersebut, menurutnya ada alasan yang membuat Sumatera Barat pantas menjadi daerah budidaya lobster. "Alasan selanjutnya adalah banyaknya bibit lobster yang lepaskan di laut Sumatera Barat beberapa waktu lalu," katanya.

Menurutnya, beberapa waktu lalu pemerintah menindak penyelundupan bibit lobster di daerah Provinsi Jambi dan bibit lobster yang diamankan dilepas liarkan di laut Sumatera Barat. "Dengan begitu, lobster di laut Sumatera Barat semakin banyak, sehingga sangat pas untuk dilakukan budidayanya," tutupnya.

baca juga: SD dan SMP Sederajat di Pariaman Kumpulkan Dana untuk Warga Palestina

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani