Puskesmas Ambacang Berikan Layanan Melalui Aplikasi WhatsApp

Kepala Puskesmas Ambacang
Kepala Puskesmas Ambacang (Istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) Ambacang di Kecamatan Kuranji, Kota Padang memberikan pelayanan kesehatan melalui aplikasi Whatsapp (WA).

"Iya, kita memiliki media layanan informasi kesehatan mlalui WA maupun website," kata Kepala Puskesmas Ambacang dr Weni Fitria, Minggu 14 Maret 2021.

baca juga: Soal Kesiapan Padang Menghadapi Gempa, Begini Kata Badrul Mustafa

Ia mengatakan, layanan menggunakan WA bot tersebut diberi nama "Sahabat Ambacang". "Sahabat Ambacang merupakan singkatan dari Sarana kesehatan Bagi masyarakat di Kelurahan Ambacang.

"Layanan ini cukup mudah diakses warga. Hanya dengan menyimpan nomor 082311006711 di kontak handphone, serta mengetikkan pesan, sejumlah informasi kesehatan akan didapat dengan mudah," lanjutnya.

baca juga: Corona Kembali Meningkat, Kemenag Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Rumah Ibadah

Ia mengatakan, meski warga tak bertemu dengan petugas, akan tetapi warga memiliki media untuk mendapatkan informasi terkait kesehatan . "Selain ingin mengetahui seputar kesehatan , layanan lewat WA ini cukup banyak menyediakan informasi tentang Puskesmas ," lanjutnya.

Menurutnya, melalui layanan tersebut, pihak Puskesmas Ambacang juga menerima kritik dan saran dari masyarakat yang menggunakan pelayanan itu. "Semua ini bentuk upaya meningkatkan mutu layanan Puskesmas ," lanjutnya.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

Menurutnya, layanan tersebut sangat memudahkan, karena hampir seluruh warga memiliki telepon genggam dengan aplikasi whats app.

"Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini banyak warga yang takut-takut ke Puskesmas . Lewat layanan ini kita harapkan warga dapat terbantu," tutupnya.

baca juga: Tinjau Vaksinasi Massal di Komplek GBK, Jokowi: Target Seminggu Ini 100 ribu Orang

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani