Tekan Angka Kematian Bayi dan Ibu Hamil, Puskesmas Ambacang Luncurkan Website

Website yang berisi informasi seputar kehamilan yang dibuat Puskesmas Ambacang, Padang
Website yang berisi informasi seputar kehamilan yang dibuat Puskesmas Ambacang, Padang (net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Kuranji, Kota Padang , Pusat Kesehatan Masyarakat ( Puskesmas ) Ambacang menginisiasi sebuah website bernama 'bundo'.

Masyarakat bisa mengakses website tersebut pada www.bumilambacangunaux.com. Dengan menjelajahi website tersebut, ibu hamil bisa mengetahui informasi seputar tanda-tanda janin tidak sehat hingga persiapan persalinan. Selain itu, Puskesmas tersebut juga memberikan wadah untuk melakukan konsultasi melalui aplikasi Whats App.

baca juga: Panjat Tebing - Tiga Atlet Sumbar Lolos pada Babak Kualifikasi

"Angka kematian bayi dan ibu hamil di Kecamatan Kuranji pada tahun 2020 lalu sebanyak 13 kasus. Sepuluh kasus diantaranya kematian janin di dalam rahim," kata Kepala Puskesmas Ambacang Weni Fitria.

Menurutnya, website tersebut merupakan media perpanjangan tangan Puskesmas kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. "Melalui media ini, ibu hamil dapat mendeteksi gejala dini terhadap kegawatan, sedangkan WAG tersebut merupakan media informasi bagi masyarakat ketika membutuhkan informasi kesehatan," lanjutnya.

baca juga: Usai Kunjungan Andre Rosiade-Kepala Daerah, Erick Thohir Turunkan Tim ke Sumbar

Menurutnya, dengan adanya website tersebut, meski dalam masa pandemi, ibu hamil tetap dalam pantauan dan terdeteksi secara dini terhadap bahaya selama kehamilan.

"Kami harap website dan WAG tersebut dapat membantu ibu hamil serta warga Kecamatan Kuranji. Apalagi saat ini hampir seluruh warga sudah memiliki handphone berbasis android," tutupnya.

baca juga: PON XX Papua 2021 Gantole Sumbar Masih Catatkan Nilai Positif

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani