Pemko Padang Telah Pasang Wifi Gratis di 16 Masjid

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang akan menjadikan masjid sebagai pusat belajar ilmu agama secara digital. Tekad itu sudah dimulai dengan pemasangan wifi gratis di sejumlah masjid yang ada di Kota Padang .

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang Rudy Rinaldy mengatakan bahwa pihaknya telah memasang sebanyak 16 wifi gratis di beberapa masjid Kota Padang .

baca juga: BPBD Padang Sebut Shelter Pasar Raya Paling Bagus Hadapi Bencana

"Wifi yang telah kami pasang diantaranya Kecamatan Padang Selatan, Surau Gadang, Bungus Selatan, Lubuk Buaya, Padang Besi, Belimbing, serta Batuang Taba," katanya.

Menurutnya, yang dilakukan itu merupakan program free net (masjid digital) yang digagas Diskominfo Kota Padang sejak tahun 2020 lalu. "Jadi setelah ini anak-anak sekitar masjid tidak lagi hanya mengandalkan mendapatkan ilmu agama dari cara-cara konvensional, tetapi sudah dipadukan dengan cara-cara digital," katanya.

baca juga: Persiapan Kejurda, Puluhan Calon Atlet Taekwondo Pessel Ikuti Kenaikan Sabuk

Dua dari 16 masjid yang telah terpasang wifi tersebut bahkan sudah diperluas jangkauannya, agar masyarakat sekitar dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan internet. "Dua masjid itu berada di Lubuk Lintah dan Tunggul Hitam. Melengkapi program Masjid Digital," lanjutnya.

Selain menjadikan masjid sebagai pusat belajar ilmu agama secara digital, ia juga menginginkan nantinya muncul pengurus masjid yang melek teknologi dengan adanya wifi gratis tersebut.

baca juga: Ratusan Personel Satpol PP Padang di Tes Urine

"Diharapkan wifi ini tidak hanya menjadi alat untuk mencari ilmu bagi anak-anak yang belajar ilmu agama di masjid , tapi juga sebagai alat untuk meningkatkan usaha masyarakat," lanjutnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani