Proyek Penanganan Abrasi Didanai BNPB di Padang Abai Keselamatan Warga

Truk bak terbuka bermuatan batu sampai di proyek penanganan abrasi pantai Masjid Al Hakim, Selasa, 17 Maret 2021
Truk bak terbuka bermuatan batu sampai di proyek penanganan abrasi pantai Masjid Al Hakim, Selasa, 17 Maret 2021 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Mobil truk bak terbuka melintas dibeberapa ruas jalan ramai pengendara di Kota Padang, Sumatera Barat. Truk tersebut mengangkut batu besar untuk proyek Abrasi Pantai Masjid Al Hakim, Pantai Padang .

Terpantau, truk hijau daun tersebut melintasi jalan utama Lapai menuju simpang Presiden Lamun Ombak, terus ke jalan Jhoni Anwar, jalan Juanda arah Pangeran dan pinggir pantai Padang menuju Masjid Al Hakim.

baca juga: Warga Limau Purut Tapan Laporkan Kontraktor Pelaksana Proyek Balai Pemukiman Sumbar

Ronal (33) salah seorang pengendara yang berpas-pasan dengan mobil tersebut mengaku geram. Pasalnya mobil yang berisi batu dengan bak terbuka itu melintas di jalan keramaian.

"Masa iya dibiarkan terbuka seperti itu, ini berbahaya bagi kesehatan pengendara dan warga. kalau batunya jatuh bisa menimbulkan korban," katanya, Rabu, 17 Maret 2021.

baca juga: Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021, BPBD Payakumbuh Gelar Apel dan Latihan Evakuasi Bencana

Parahnya lagi, mobil tersebut melintasi jalan - jalan yang terdapat pusat keramaian. Beberapa hari belakangan terpantau truk pengangkut batu melewati jalan Siteba dari arah Kuranji.

"Ini proyek yang didanai BNPB , kok abai sekali. Jangan sampai untuk kejar tayang keselamatan warga diabaikan. Ini caranya tidak benar," kesalnya.

baca juga: Pemprov Sumbar Antarkan Rendang Pakai Heli BNPB Dari Masyarakat Sumbar Untuk Warga NTT

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) paket proyek Suryadi berjanji akan mengintruksikan pelaksana proyek di Al Hakim untuk menggunakan truk bak tertutup.

Suryadi menyampaikan, penanganan abrasi pantai di Masjid Al Hakim masih kekurangan baru sebanyak 20 truk lagi.

baca juga: BNPB Bantu Sumbar Senilai 1,5 Miliyar, Bantuan Berupa Rapid Tes Antigen, Masker dan Hand Sanitizer

"Yang nakal yang punya Quarry, karena kasihan sama sopir truk, padahal truk tidak punya ombeng. Tapi isinya cuma 4 sampai 5 buah batu besar," katanya.

Dia menyebutkan, hingga hari ini belum asa tragedi batu jatuh di jalan. Kondisi itu karena pemilik Quarry kasihan dengan sopir yang kesulitan mencari muatan, dan akhirnya mengisi juga truk tidak memiliki ombeng.

"Alhmdulillah belum ada tragedi batu jatuh di jalan," ungkapnya.

Direktur PT Prada Karya Utama Bakhril Sony mengatakan akan memberi tahu petugas lapangan untuk menutup bak truk tersebut.

"Baik, saya kasih tahu orang lapangan agar di tutup bak truknya," katanya melalui pesan singkat WhatsApp.

Untuk diketahui, pengerjaan proyek tanggul laut (seawal) di Masjid Al Hakim dari Dana Siap Pakai (DSP) BNPB tersebut dijadwalkan siap pada 21 Maret 2021. Proyek Rp9,4 miliar itu dilaksanakan oleh PT. Prada Karya Utama dengan Konsultan Pengawas CV. Ultimate Konsultan.

Penenangan abrasi pantai di Padang menjadi perhatian Kepala BNPB Doni Monardo. Ada tiga paket penanganan abrasi di Padang dengan anggaran sebesar Rp19 miliar.

Tiga titik itu adalah penganganan darurat abrasi Pantai Padang Padang Kawasan Tugu Merpati , Kawasan Masjid Al Hakim dan Pasir Jambak. Tiga titik ini mendapatkan perhatian dari BNPB karena berkaitan langsung dengan rumah ibadah, objek wisata dan masyarakat. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir