Pilwana 31 Nagari di Pessel Diundur, Ini Alasannya

.
. (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pelaksanaan pemilihan wali nagari ( Pilwana ) 2021 di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat batal digelar April mendatang. Pasalnya, selain beralasan butuh persiapan khusus karena pandemi, Pemkab juga butuh kematangan sinkronisasi anggaran dengan nagari.

"Benar, rencana selanjutnya akan di laksana antara akhir Mei dan Juni. Itu masih dalam pembahasan, tergantung kesepakatan tim kabupaten nanti," ungkap Kepala Dinas PMD P2 - KB Pessel , Wendi pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Raih Akreditasi Nasional, SDN 10 Painan Timur Akan Buat Pepustakaan Digital

Selain, butuh kesiapan khusus karena pandemi dan sinkronisasi anggaran . Penundaan Pilwana di bulan April juga karena kebetulan berlangsung saat Ramadhan.

"Jadi karena alasan itu, rencana Pilwana bulan April ditunda dulu. Karena memang, kita butuh kematangan, apalagi untuk menyesuaikan kesiapan karena Covid," terangnya.

baca juga: Masih Rendah, Capaian Vaksinasi Lansia Kota Padang Baru Belasan Persen

Lanjutnya, meski jadwal ditunda namun jumlah yang ikut menjadi peserta Pilwana sama dengan jumlah sebelumnya sebanyak 31 nagari. Begitu, juga dengan anggaran sebelumnya Rp.200 juta sesuai rencana awal.

" Anggaran dan jumlah (nagari) tetap. Hanya jadwalnya saja yang digeser. Karena memang kita harus butuh kesiapan yang matang," tutupnya.

baca juga: Pemko Padang Akan Tutup Lokasi Karantina Rumah Nelayan, Ini Penyebabnya

Sebelumnya diberitakan KLIKPOSITIF , Pemkab Pessel menjadwalkan Pilwana 2021 digelar April. Namun, kekinian karena alasan tertentu, Pilwana terpaksa ditunda antara akhir Mei- awal Juni 2021, dan masih menunggu hasil kesepakatan tim kabupaten.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri