Kemenag Sawahlunto Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Ormas, Jurnalis Klikpositif jadi Pemateri

Jurnalis Klikpositif.com Muhammad Haikal saat memberi materi kepenulisan kepada peserta pelatihan
Jurnalis Klikpositif.com Muhammad Haikal saat memberi materi kepenulisan kepada peserta pelatihan (Kemenag Sawahlunto)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Sawahlunto, menggelar pelatihan jurnalistik bagi Organisasi Kemasyarakatan ( Ormas ).

Panitia Pelaksana Zulfahmi mengatakan, kegiatan bertujuan meningkatkan kualitas SDM ormas dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

baca juga: Anggaran Rp3,668 Triliun BOS Madrasah Tahap II 2021 Segera Cair

Menurut Zulfahmi, banyak informasi Ormas yang patut dipublikasikan, diharapkan setelah ini peserta mampu membuat berita yang berisi informasi kegiatan mereka pada dalam bentuk tulisan.

"Minimal bisa membuat rilis kegiatan di organisasi masing-masing," katanya saat Pembukaan Pelatihan Jurnalistik di Silo Meeting Room, Hotel Parai City Sawahlunto, Kamis (18/3/2021).

baca juga: Bantu Penanganan Pandemi, Kemenag Realokasi Hampir Rp2 Triliun Anggaran pada 2021

Selain melibatkan Ormas , lanjutnya, turut juga menjadi peserta dari lembaga keagamaan seperti BAZNAS, pengurus masjid, yayasan anak yatim dan Radio Sawahlunto FM.

"Untuk ormas yakni, Muhammadiyah, Aisyiah, NU, Muslimat NU, Aisyiah, BKMT, BKPRMI, KNPI, paguyuban kesenian, forum karang taruna," ujarnya.

baca juga: Tahun Ini 2.666 Madrasah di Indonesia Akan Mendapat Bantuan, Begini Kisaran Jumlahnya

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kakankemenag Kota Sawahlunto, Eri Iswandi menyampaikan, jurnalistik dalam sejarahnya memiliki peran dan pengaruh besar terhadap kemajuan bangsa. "Siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia," katanya.

Bahkan, munculnya dahulu media-media kental bernuansa islam ikut membawa nama baik agama islam seperti di Sumatera Barat.

baca juga: Seleksi CASN Kemenag Ramai Peminat, Setiap 100 Pelamar Bersaing dapatkan 1 Formasi

"Kesempatan ini sangat langka, kami harapkan peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik," ujarnya.

Salah seorang peserta pelatihan Doni Warman menambahkan, kendati banyak terlibat di organisasi masyarakat, ia baru kali ini mengikuti pelatihan jurnalistik. "Baru kali ini saya mengikutinya dan banyak sekali ilmu yang kami dapatkan di sini," kata dia.

Bertindak selaku narasumber dalam pelatihan tersebut, Ketua PWI Kota Sawahlunto, Indra Yosef dan jurnalis media online KLIKPOSITIF .com Muhammad Haikal.

Editor: Joni Abdul Kasir