Bahas Soal Keuangan, Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar Kunjungi Bupati Pessel

Kepala BPK Sumbar saat dijamu Bupati Pessel di Kantor Bupati
Kepala BPK Sumbar saat dijamu Bupati Pessel di Kantor Bupati (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar mendapat kunjungan resmi dari Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan ( BPK ) Sumatera Barat, Jumat 19 Maret 2021.

Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Yusna Dewi mengaku, kedatangan BKP Sumbar ke Pessel adalah dalam silaturahmi dan membicarakan tentang pengelolaan keuangan negara di Kabupaten Pesisir Selatan.

baca juga: Siswa di Pessel Terpaksa Nyebrang Sungai Karena Jembatan Rusak, Pemkab Harapkan Bantuan BNPB

"Kami datang ke sini di samping untuk bersilaturahmi dengan bapak bupati sekaligus membicarakan tentang pengelolaan keuangan negara, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan," ungkapnya.

Dalam kunjungan, Yusna Dewi juga membahas soal opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Menurut, WTP merupakan target yang sudah seharusnya dicapai oleh lembaga atau instansi negara khususnya di daerah.

baca juga: Pemilik Lupa Matikan Tungku, Satu Rumah di Pessel Ludes Terbakar

"Namun kita tidak menjadikan WTP sebagai tujuan akhir, namun diharapkan menjadi komitmen daerah dalam menggunakan anggaran sesuai dengan aturan yang ada. Yang terpenting adalah bagaimana anggaran yang telah direncanakan itu dapat digunakan untuk kesejahteraan rakyat", terangnya.

Sementara itu, Bupati Rusma Yul Anwar, mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan rombongan BPK Sumbar dan mengapresiasi telah mau berkunjung ke Pessel . "Kita berharap BPK dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, selalu bersinergi dalam mendukung komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk mempertahankan predikat WTP," harap bupati.

baca juga: Dinas Perternakan Pessel Turunkan Petugas Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Sebagaimana diketahui, BPK RI Sumatera Barat, melaksanakan pemeriksaan terinci atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Anggaran 2020 sesuai Surat Tugas No. 84/ST/XVIII.PDG/03/2021 tanggal 10 Maret 2021.

Pemeriksaan tersebut akan berlangsung selama 30 hari, yaitu dimulai tanggal 15 Maret sampai 13 April 2021.

baca juga: Percepat Penanganan Covid-19, Menkeu Dorong Akselerasi Penggunaan Anggaran

Sebelumnya, Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, menyerahkan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Rabu (10/3) di aula Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat setempat.

Penyerahan LKPD tahun 2020 dilaksanakan bersamaan dengan empat kabupaten/kota lainnya, dan diterima langsung oleh Plh. Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat, Nofemris.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani