BPJamsostek Cabang Padang Pariaman Salurkan Santunan kepada Ahli Waris dari Peserta

BPJamsostek Padang Pariaman membrrikan santunan dari manfaat program JKM kepada ahli waris dari peserta
BPJamsostek Padang Pariaman membrrikan santunan dari manfaat program JKM kepada ahli waris dari peserta (Ist)

KLIKPOSITIF - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Ketenagakerjaan atau yang kini disingkat menjadi BPjamsostekmemberikan santunan sebesar Rp. 46.445.470, santunan Jaminan Kematian Rp. 42.000.000, dan Jaminan Hari Tua Rp. 4.445.470 kepada ahli waris dan keluarga dari salah satu peserta BPJamsostek.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Pariaman mengungkapkan, Muhammad Yasir Ginting mengungkapkan, santunan yang diberikan merupakan manfaat berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia saat kepesertaan aktif bukan akibat kecelakaan kerja.

baca juga: Pastikan Layanan Kesehatan Paripurna, Dewas BPJS Kesehatan Sambangi RSUD Kota Bukittinggi

"Penyelenggaraan Jaminan Kematian (JKM) termasuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program JKK dan JKM yang diperbarui melalui PP Nomor 82 Tahun 2019. Melalui program tersebut, setiap peserta BPJamsostek program JKM yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja, maka otomatis ahli waris akan menerima santunan dari kami," ujar Muhammad Yasir.

Sementara untuk JKK, lajutnya, apabila terjadi resiko kecelakaan kerja, maka BPJamsostek yang akan menanggung seluruh biaya perawatan medis-nya. Sampai yang bersangkutan benar-benar sembuh, dan biaya perawatannya tanpa batas. Bahkan, jika peserta yang mengalami kecelakaan kerja tersebut harus dirujuk ke rumah sakit di luar daerah. Itu biaya transportasinya, perawatan, dan medisnya juga ditanggung sepenuhnya oleh BPJamsostek.

baca juga: BPJamsostek Cabang Padang Gelar Sosialisasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021 untuk Tenaga Kerja di Sumbar

Yasir menjelaskan, saat ini masih banyak dinas, kantor kecamatan, serta kantor Walinagari yg belum menjadi peserta BPJamsostek. Ia berharap, kedepannya semoga ada semacam peraturan atau instruksi dari Bupati, agar seluruh tenaga kerja non-ASN, dapat juga dilindungi oleh negara lewat BPJamsostek.

"Kami BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Pariaman tentu akan mendukung berbagai program dari Bupati Suhatri Bur, terutama dalam hal kesejahteraan para tenaga kerja," katanya.

baca juga: BPJamsostek dan Dinas Tenaga Kerja Sumbar Berupaya Wujudkan Tercapainya 1 Juta Peserta BPJS pada 2021

Penyerahan santunan secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, kepada ahli waris.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian negara melalui BPJamsostek kepada warganya. Menurutnya, manfaat dari BPJamsostek begitu besar. Tentunya santunan itu akan sangat berguna bagi ahli waris dan keluarga yang ditinggalkan.

baca juga: Kasus Kebocoran Data BPJS, Polisi Perika Lima Vendor

"Semoga santunan ini dapat bermanfaat untuk ahli waris dan keluarga. Mari kita doakan agar almarhum diberikan kelapangan kubur dan diampuni segala dosanya," kata Suhatri Bur.

Ia menjelaskan, Almarhum Zulkarnidi merupakan salah satu peserta BPJamsostek yang terdaftar dalam 3 program yaitu JHT, JKK dan JKM. Almarhum merupakan peserta BPJMASOSTEK yang terdaftar pada Walinagari di Sungai Durian, Kecamatan Patamuan, Padang Pariaman. Ia didaftarkan dan dibiayai premi iurannya melalui Nagari Sungai Durian.

"Kedepannya, akan kita upayakan bagaimana seluruh dinas dan jajarannya mendaftarkan seluruh tenaga kerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan. Iuran sangat murah, sedangkan manfaatnya begitu besar. Bahkan disisihkan dari uang pribadi pun sanggup jika hanya nilai iuran kurang lebih 13.500 utk 1 bulan 2 program (JKK dan JKM)," tuturnya.(*)

Editor: Khadijah