Satu Pesawat Tergelincir di Landasan Bandara Halim, Begini Kondisi Penerbangan

Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma.
Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma. ([Twitter/Gerry Soejatman@GerryS])

KLIKPOSITIF - Imbas tergelincirnya Trigana Air di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, beberapa penerbangan pun terdampak dan harus dialihkan.

"Saat ini terdapat 7 flight yang dialihkan dimana 5 flight Batik Air dan 2 Flight Citilink," kata VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, Sabtu (20/3/2021).

baca juga: Ini Bocoran Materi Tes CPNS 2021, Mulai dari TWK Hingga TKP

"Kami berkoordinasi dengan stakeholder dalam penanganan pesawat yang tergelincir ini, dan mulai pukul 12.30 WIB untuk sementara waktu jika ada penerbangan dari dan ke Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta," Yado menambahkan.

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa runway Bandara Halim Perdanakusuma sementara waktu ditutup untuk penerbangan sipil sesuai dengan NOTAM nomor A0693/21.

baca juga: Hanya 58 Persen Pelamar CASN Kemenag yang Memenuhi Syarat Administrasi

" Pesawat kargo Trigana Air Boeing 737-500 nomor registrasi PK-YSF tergelincir di runway, sehingga badan pesawat menutupi sejumlah area runway [Blocked by Aircraft]," ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano.

Turut serta di dalam pesawat kargo, 2 pilot, 1 teknisi dan 1 FOO, di mana tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

baca juga: Dinilai Tambah Beban Rakyat, Politisi Gerindra Minta Migrasi TV Analog ke Digital Ditunda

Pesawat Trigana Air tergelincir di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Sabtu (20/3/2021). Imbas tergelincirnya Trigana Air, landasan pacu Bandara Halim langsung ditutup.

Informasi penutupan landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma berdasarkan Notam nomor A0693/21 dari Airnav Indonesia.

baca juga: 16 Calon Anggota BPK Akan Jalani Uji Kelayakan, Politisi PKS: Penilaiannya Harus Berdasarkan Aturan Undang-undang

"LANDASAN 06/24 TUTUP KARENA BLOCKED BY AIRCRAFT Text NOTAM," tulis keterangan Airnav.

Berdasarkan keterangan yang diterima Suara.com, pesawat Trigana Air yang tergelincir tersebut mengalami masalah di salah satu mesin.

Saat kembali ke Bandara Halim dan mendarat di landasan pacu, pesawat tergelincir keluar landasan.

Sebelum mendarat, pilot pesawat Trigana Air meminta untuk holding di A5 selama 15 menit. Kemudian membuang bahan bakar di area A5.

Pesawat tersebut mendarat dengan mengeluarkan ledakan yang besar dan api pun berkobar.

Berdasar foto-foto yang diterima Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com dari kiriman warga, terlihat sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di pesawat Trigana Air.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri