QRIS Bank Nagari, Transaksi Penangkal Corona

Weri saat pembayaran non tunai di Aciak Mart, Kamis, 18 Maret 2021
Weri saat pembayaran non tunai di Aciak Mart, Kamis, 18 Maret 2021 (Dokumentasi Weri for KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Senyum merekah muncul dibalik masker yang dipakai Weri (52) selepas belanja di Aciak Mart jalan Kebayoran No 15 Air Tawar Kota Padang .

Kamis, 18 Maret 2021 merupakan hari pertamanya ke swalayan sejak angka kasus Covid-19 meningkat di Padang.

baca juga: Wakil Presiden Tanggapi Soal Konversi Bank Nagari

Warga DPR II Dadok Tunggul Hitam, Koto Tangah ini takut masuk swalayan.

Ketakutannya bertambah sejak teman satu kantornya dinyatakan positif Covid-19 pada pertengahan Juni 2020 lalu. Ditambah, tersiar kabar virus jahat itu bisa menular melalui uang.

baca juga: Bahas Konversi Bank Nagari, Wapres: Semestinya Sumbar Sudah Melakukannya Sebelum Daerah Lain

Sejak itu, untuk membeli bahan - bahan keperluan dapur diambil alih oleh Syaiful (suami Weri). Dia hanya menunggu di rumah.

"Biasanya uda Ipul yang belanja keperluan rumah saya tinggal masak saja. Saya takut sejak teman ada positif positif tertular melalui uang kertas saat belanja di salah satu swalayan," katanya mengawali cerita saat ditemui di rumahnya, Jumat, 19 Maret 2021.

baca juga: Konversi Bank Nagari Menjadi Bank Nagari Syariah Segera Terwujud

Hampir setahun ketakutan berlebihan dirasakan perempuan yang bekerja di salah satu perguruan tinggi swasta di Padang itu. Hingga dia harus pausa belanja di swalayan.

"Baru tadi berani berbelanja langsung, itupun ditemani suami. Alhamdulillah pembayaran bisa non tunai menggunakan QRIS Bank Nagari ," bebernya.

baca juga: Ini Kata Pakar Pembangunan Ekonomi Sumbar Soal Konversi Bank Nagari ke Bank Nagari Syariah

Weri mengaku, perasaan takutnya selalu menghantui, namun akhirnya memberanikan diri sekaligus mencoba pembayaran menggunakan metode QR Code itu.

"Tadi waktu dicoba aman sekali, transaksi lancar tanpa harus bersentuhan dengan kasir. Ini transaksi jitu penangkal corona. Kabarnya masih ada promo minum kopi di Foresthree Coffee hingga akhir bulan, lumayan bisa dapat diskon ngopi bareng keluarga," candanya.

Tika, kasir Aciak Mart menyebutkan, QRIS Bank Nagari sudah lama ada di swalayan tempatnya bekerja. Kebanyakan dipakai oleh emak-emak dan bapak-bapak.

"Saat promo dua hari (12 sampai 13 Maret 2021) paling ramai. Waktu itu ada diskon setiap pembelian minimal Rp59.000 scan QRIS Bank Nagari via seluruh aplikasi pembayaran dapat 1 liter atau deterjen 450 gram," jelas Tika.

Sementara di Foresthree Coffee depan Poltekkes Kemenkes Siteba Padang, diserbu kaum milenial untuk mendapatkan potongan harga dengan pembayaran QRIS Bank Nagari .

"Alhamdulillah ramai pengunjung remaja, mereka banya mesan es kopi susu, kerena dari harga Rp18.000 menjadi Rp13.000 dengan pembayaran scan QRIS Bank Nagari ," ujar Geni keryawan Foresthree Coffee.

Walaupun ramai, lanjut Geni, tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Menyediakan tempat cuci tangan untuk pencegahan penyebaran virus corona. "Silakan datang, ada potongan harga dari 1 hingga 31 Maret 2021," ajaknya.

Dirut Bank Nagari Muhamad Irsyad menyampaikan, di masa pendemi Covid-19, Bank Nagari tetap memaksimalkan pelayanan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bank Nagari telah meluncurkan layanan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada 14 Maret 2020. Layanan transaksi digital ini mendukung pembayaran non tunai di berbagai merchant seperti mini market dan coffeeshop serta fasilitas kesehatan.

Menurutnya, Bank Nagari sengaja bermitra dengan banyak mini market, pedagang dan fasilitas kesehatan untuk mendukung pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai. Bisa melalui pembayaran dengan kartu ATM maupun dengan scan barkod QRIS.

"Ini inovasi kami agar nasabah tetap bisa bertransaksi dan terhindar dari Covid-19," sebutnya.

Kemudian, dihari ulang tahun ke 59 tahun, Bank Nagari telah memberikan promo dua hari untuk belanja di swalayan sebagai tanda cinta Bank Nagari kepada nasabah tercinta.

"Sekarang sedang berjalan diskon harga kopi di Foresthree Coffee hingga 31 Maret dengan pembayaran menggunakan QRIS Bank Nagari . Masyarakat Sumbar silakan menikmati promo ini, tetapi ingat tetap patuhi protokol kesehatan," tukas Irsyad. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir