Bandara Halim Sudah Beroperasi kembali, Pasca Tergelincirnya Pesawat Trigana Air

Pesawat Trigana Air
Pesawat Trigana Air (net)

KLIKPOSITIF - Bandara Halim Perdanakusuma kini telah beroperasi kembali. Bandara kembali dibuka usai proses evakuasi pesawat Trigana Air yang tergelicir pada Sabtu (20/3/2021) kemarin.

"Senin 22 Maret 2021, Bandara Halim Perdanakusuma sudah dibuka kembali untuk penerbangan niaga berjadwal," ujar VP of Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano dalam keterangannya, Senin (22/3/2021) dilansir dari Suara.com.

baca juga: Polres Solsel Amankan 34 Galon Berisi 1.000 Liter Bio Solar untuk Tambang Emas Ilegal

Proses evakuasi atau pemindahan pesawat tuntas dilakukan pada sekitar pukul 15.45 WIB, untuk kemudian dilakukan pembersihan runway dari serpihan benda asing (Foreing Object Debris/FOD). Proses pemindahan pesawat dilakukan oleh tim Rescue and Fire Fighting Services (RFFS) Bandara Halim Perdanakusuma, tim RFFS Bandara Soekarno-Hatta, serta didukung oleh Tim Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

Yado menambahkan, pesawat kargo Trigana Air tersebut melakukan pendaratan darurat pada Sabtu 20 Maret 2021 di Bandara Halim Perdanakusuma. Berkat koordinasi yang baik dan erat dari pilot, AirNav Indonesia, tim RFFS & Apron Movement Control Bandara Halim Perdanakusuma, pendaratan darurat dapat dilakukan sehingga meminimalisir risiko.

baca juga: Diduga Gelapkan Mobil dan Uang Puluhan Juta, Seorang Pemuda Ditangkap Polisi di Padang

Adapun pada Minggu, 21 Maret 2021, seluruh penerbangan niaga berjadwal (keberangkatan dan kedatangan) di Bandara Halim Perdanakusuma dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Total, penerbangan yang dialihkan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 49 penerbangan terdiri dari 22 keberangkatan (10 keberangkatan Citilink, 12 keberangkatan Batik Air) dan 27 kedatangan (10 kedatangan Citilink dan 17 kedatangan Batik Air).

baca juga: Diduga Bom Mortir, 6 Butir Benda Diamankan Polsek Ranah Pesisir

Editor: Ramadhani