Aplikasi Ksatrio Sirancak PN Pasaman Barat Beri Kemudahan Sidang Untuk Warga

Tim Pengadilan Negeri Pasaman Barat saat melakuan sidang di lapangan
Tim Pengadilan Negeri Pasaman Barat saat melakuan sidang di lapangan (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pengadilan Negeri (PN) Pasaman Barat - Sumbar memberikan kemudahan dalam permohonan penetapan perubahan dokumen melalui aplikasi Ksatrio Sirancak.

Humas PN Pasaman Barat , Warman Priatno mengatakan program aplikasi Ksatrio Sirancak untuk mempermudah masyarakat dalam hal perubahan atau penetapan dokumen.

baca juga: Hari Ini 70 Orang Warga Pasbar Positif Corona, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

"Kita akan turun langsung ke tengah - tengah masyarakat untuk melakukan sidang. Jadi masyarakat tidak perlu hadir ke pengadilan. Tim yang akan turun," sebut Warman kepada KLIKPOSITIF , Senin (22/3/20201) sore.

Ia menjelaskan sidang yang dilakukan di lapangan oleh pihaknya meliputi permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana dan permohonan penetapan kematian atau orang hilang.

baca juga: Sempat Dibawa ke Bukittinggi, BKSDA Lepas Kembali Harimau Sipogu ke Hutan Pasaman Raya

Kemudian permohonan penetapan perubahan akta pencatatan sipil yang terdiri dari perubahan akta kelahiran, perubahan identitas, perubahan tanggal lahir dan lain sebagai nya.

Aplikasi Ksatrio Sirancak juga sangat membantu dan mempermudah warga non muslim seperti penetapan perkawinan terlambat. Misal setelah 60 hari nikah di Gereja tidak mendaftarkan nikah secara resmi, maka meminta permohonan penetapan di pengadilan.

baca juga: Disnaker Pasbar Sebut Pelaku Usaha Wajib Berikan BPJS Tenaga Kerja Untuk Karyawan

"Ini inovasi Pengadilan Negeri Pasaman Barat dan sudah berjalan sudah setahun. Masih banyak perkara - perkara permohonan lainnya yang pembuktiannya mudah bisa menggunakan aplikasi ini," jelasnya.

Pihaknya berharap melalui terobosan yang dilakukan dengan memberikan pelayanan langsung ke tingkat nagari (desa) atau kecamatan, hendak nya bisa membantu tanpa harus datang ke pengadilan.

baca juga: Warga Ramai-ramai Minta Bupati Pasbar Copot Pj Wali Nagari Kinali, Ini Alasannya

"Melalui aplikasi Ksatrio Sirancak ini masyarakat bisa hemat waktu dan biaya. Mereka cukup menyerahkan persyaratan ke kantor camat atau nagari, tanpa perlu lagi hadir ke pengadilan," tutupnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi