DJP Sumbar dan Jambi Gelar Bimtek Sensus Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit

Kantor Wilayah DJP Sumatera Barat dan Jambi mengadakan Bimbingan Teknis Sensus Produktivitas Kelapa Sawit Dalam Rangka Penggalian Potensi Perpajakan Tahun 2021 di Balai Sidang Prof. Dr. Ir. Jurnalis Kamil, M.Sc, Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Kampus Limau Manis secara daring dan langsung.
Kantor Wilayah DJP Sumatera Barat dan Jambi mengadakan Bimbingan Teknis Sensus Produktivitas Kelapa Sawit Dalam Rangka Penggalian Potensi Perpajakan Tahun 2021 di Balai Sidang Prof. Dr. Ir. Jurnalis Kamil, M.Sc, Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Kampus Limau Manis secara daring dan langsung. (Ist)

KLIKPOSITIF - Kantor Wilayah DJP Sumatera Barat dan Jambi mengadakan Bimbingan Teknis Sensus Produktivitas Kelapa Sawit Dalam Rangka Penggalian Potensi Perpajakan Tahun 2021 di Balai Sidang Prof. Dr. Ir. Jurnalis Kamil, M.Sc, Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Kampus Limau Manis secara daring dan langsung.

Bimbingan teknis ini merupakan salah satu program kerja Bidang Bimbingan Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian (PEP) dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Penilai Pajak dan Petugas Penilai Pajak guna menghasilkan penilai pajak dan petugas penilai pajak yang berwawasan luas dan profesional. Bimtek kali ini juga turut mengundang Account Representativeyang mengawasi Wajib Pajak sektor perkebunan kelapa sawit agar memiliki pengetahuan dan informasi yang sama sehingga antara Penilai Pajak /Petugas Penilai Pajak dapat bersinergi lebih baik dengan Account Representativedalam penggalian potensi pajak serta lebih mahir dan profesional di bidang perkebunan kelapa sawit.

baca juga: Kanwil DJPb Sumbar Lakukan Serah Terima Barang Milik Negara

Dalam sambutannya, Kepala Bidang PEP, Sri Indriyanta, mengatakan bahwa dalam upaya meningkatkan kapasitas Penilai Pajak dan Petugas Penilai Pajak , Bidang PEP telah beberapa kali mengadakan kerja sama dengan Universitas Andalas dengan menghadirkan para akademisi yang kompeten di bidangnya untuk menjadi narasumber pelatihan seperti Fakultas Teknik (Tahun 2020) dan Fakultas Pertanian (Tahun 2019 dan 2021).

Sri Indriyanta juga mengatakan bahwa tema tersebut diambil dengan latar belakang sebagai berikut:

baca juga: KPK Periksa Dua Pejabat Tinggi Kemenkeu Terkait Kasus Suap Ditjen Pajak

- Sektor usaha perkebunan kelapa sawit memiliki prospek yang baik di tahun 2021 sehingga perlu mendapat perhatian agar pertumbuhan sektor kelapa sawit berdampak secara signifikan bagi penerimaan pajak Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi.

- Sensus Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit dapat digunakan sebagai salah satu metode Pengujian Kepatuhan Material (PKM) untuk menghitung jumlah produksi kelapa sawit yang dihasilkan oleh suatu perkebunan kelapa sawit.

baca juga: Dugaan Kasus Suap Ditjen Pajak, ICW Curiga Hal Ini

- Metode ini lazim digunakan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit dalam mengestimasi hasil produksi namun belum dikembangkan oleh DJP guna menghitung proyeksi produksi kelapa sawit.

Sri Indriyanta berharap bahwa dengan dilaksanakannya praktek di kebun secara langsung, peserta bisa mendapatkan updatehasil-hasil penelitian terbaru dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

baca juga: Hingga 16 April, Pemerintah Telah Alokasikan Belanja Pengadaan Vaksin Rp13,16 T

Bimbingan Teknis kali ini menghadirkan Dr. Ir. Benni Satria, M.P selaku Dosen Perkebunan PS Agro Teknologi BDP FPUA yang juga merupakan Ketua Pusat Inovasi Tanaman Gaharu dan Hutan Bukan Kayu yang memaparkan tentang Sensus Produktivitas Kelapa Sawit mulai dari pemilihan bibit, sanitasi, kastrasi, pemeliharaan dan sensus produksi kelapa sawit. Beliau juga memandu peserta bimbingan teknis melakukan praktek lapangan di kebun sawit milik Universitas Andalas.

[Rilis]

Editor: Khadijah