3 Ribu Orang Meninggal dalam Sehari di Brazil Akibat Corona

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Penularan Covid-19 juga kematian akibatnya masih terus terjadi setiap hari di berbagai negara. Selama satu hari kemarin virus corona menyebar ke 485.736 orang di seluruh dunia dan menyebabkan meninggal terhadap 10.206 jiwa.

Data pada situs worldometers.info tercatat per Rabu (24/3) pukul 08.25 WIB, total kasus Covid-19 sejak tahun lalu telah 124,78 juta tersebar di 221 negara. Sedangkan akumulasi angka kematian 2,74 juta jiwa. Meski begitu orang yang dinyatakan sembuh juga terus bertambah setiap harinya.

baca juga: Hari Ini 12 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Polsek Sungayang Gelar Vaksinasi

Hingga hari ini telah lebih dari 100 juta orang yang berhasil sembuh dari infeksi virus corona SARS Cov-2 itu. Sehingga menyisakan 21,22 juta orang yang masih positif Covid-19.

Kemarin, WHO mengonfirmasi adanya kenaikan infeksi baru dan kematian setelah enam pekan laporannya selalu turun.

baca juga: Banyak Remaja Penyintas Covid-19 di Sumbar, Ini Kata IDAI

Lonjakan masih terjadi di sebagian negara, salah satunya Brasil. Lebih dari satu bulan terakhir, infeksi baru Brasil meningkat di atas 60 ribu per hari akibat varian baru virus corona P.1 yang ditemukan di negara tersebut.

Angka kematian Brasil juga rata-rata di atas seribu. Bahkan laporan hari ini tercatat rekor baru karena angka kematian akibat Covid-19 di Brasil lebih dari 3 ribu jiwa. Kementerian kesehatan Brasil mencatat rekor kematian 3.251 dalam 24 jam terakhir, menjadikan jumlah kematian keseluruhannya menjadi 298.843 jiwa, nomor dua setelah Amerika Serikat.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Dalam satu tahun pandemi Covid-19, Presiden Jair Bolsonaro telah empat kali mengganti Menteri Kesehatan . Terbaru, ia mencopot seorang jenderal militer tanpa pengalaman medis Eduardo Pozuelo. Lalu melantik dokter jantung Marcelo Queiroga sebagai Menkes.

Dua menteri kesehatan pertama Bolsonaro, Dokter Luiz Henrique Mandetta dan Nelson Teich, keduanya berselisih dengan presiden karena membantah nasihat ahli tentang pengendalian virus. Diketahui Bolsonaro dikenal menentang adanya wabah virus corona sejak awal.

baca juga: Kerjasama dengan Polda, PT Semen Padang Vaksin 1.200 Karyawan

Dikutip dari Channel News Asia, jumlah kematian Covid-19 harian di Brasil telah meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak awal tahun. Para ahli mengatakan lonjakan itu dipicu oleh virus varian lokal yang diduga lebih menular.

Di Brasilia, lebih dari 400 orang saat ini sedang mengantre untuk mendapatkan tempat tidur ICU. Video yang beredar secara online menunjukkan mayat-mayat bertumpuk di koridor rumah sakit menunggu dipindahkan ke kamar mayat di ibukota yang juga telah penuh.

Brasil telah mencatat 12,1 juta infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi, yang juga tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat

Editor: Eko Fajri