Jokowi: Infrastruktur Itu Membangun Peradaban

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan Terminal Bandara Kuabang, Halmahera Utara, Provinsi Maluku, Rabu (24/3/2021). Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan banyak masyarakat yang menanyakan alasan pemerintah fokus pada infrastruktur di Indonesia.

"Banyak yang bertanya kepada saya kenapa infrastruktur menjadi fokus dalam pembangunan di negara kita Indonesia sekarang ini," ujar Jokowi .

baca juga: Percepat Penanganan Covid-19, Menkeu Dorong Akselerasi Penggunaan Anggaran

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan bahwa infrastruktur bukan hanya fisik, namun banyak hal yang akan muncul dan berkembang karena adanya infrastuktur.

"Sering nggak kita sadari bahwa infrastruktur itu membangun peradaban. Bayangkan misalnya dulu sebelum ada jalan dari Halmahera Utara menuju ke Sofifi, kita harus jalan kaki, sekarang setelah jalannya ada bisa naik bus, bisa naik sepeda motor, bisa naik mobil membangun peradaban baru," ucap dia.

baca juga: PPKM Mikro Berlaku Mulai Besok, Begini Ketentuannya

Karena itu, kehadiran Bandara Kuabang juga membangun kedisiplinan baru yakni membangun peradaban.

"Misalnya sekarang ada bandara artinya apa kita disiplin harus tepat waktu, karena datang ke bandara untuk terbang ke kota lain dan waktunya jamnya sudah ditentukan, kalau tidak berarti ditinggal oleh pesawat itu juga membangun kedisiplinan baru, membangun peradaban," tutur Jokowi .

baca juga: Pemerintah Geser Hari Libur Nasional, Ini Kata Ketua PP Muhammadiyah

Selain itu, adanya infrastuktur juga membangun daya saing. Sehingga bisa berkompetisi dengan daerah, bahkan negara-negara lain.

"Ini juga kita harus tahu semuanya bahwa membangun infrastruktur itu bukan hanya melulu fisik, tetapi kita membangun sebuah kompetisi, membangun daya saing competitiveness dengan negara-negara lain," kata Jokowi .

baca juga: Buya Syafi'i: Indonesia Banyak Politisi dan Krisis Negarawan, Presidensil Rasa Parlementer

Lebih lanjut, pembangunan infrastruktur juga untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Banyak yang saya dengar, pak jalannya yang dibangun jangan hanya yang di Jawa saja, airportnya, bandar udaranya yang dibangun juga jangan di Jawa dan Sumatera saja. Kami di bagian timur juga memiliki hak yang sama untuk memiliki airport, memiliki jalan yang baik dan keinginan itu betul," kata dia.

Jokowi juga menyebut, infrastuktur juga membangun persatuan dan kesatuan Indonesia. Yakni menyatukan antar daerah antar kabupaten kota antar provinsi antar pulau, antar wilayah.

"Sehingga kita bersatu dari Halmahera Utara bisa terbang ke Jakarta, terbang ke Aceh bisa terbang ke Kalimantan juga bisa terbang ke timur ke Papua. ini bisa menyatukan," ucap Jokowi .

Jokowi juga menyambut baik terminal penumpang di Bandara Kuabang telah siap dipergunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara dan sekitarnya. Ia berharap nantinya akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar bandara ini.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara menyebut bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa sebelum pandemi terdapat 2 penerbangan dan 1 pesawat charter yang sudah berjalan. Namun karena pandemi berhenti dan sekarang berjalan jika ada pesawat charter.

"Hari ini saya perintahkan kepada menteri perhubungan dan dirjen untuk di Aiport kuabang ini paling tidak secepatnya diusahakan menimal seminggu dua kali flight menuju ke sini. Sehingga nanti kalau keadaan normal bukanya tidak terlalu kenceng, sudah ada tahapan 2 kali seminggu kemudian baru naik lagi ke keadaan normal 3 kali sehari," katanya menambahkan.

Editor: Eko Fajri