Empat Tahun Terakhir, Baznas Kota Solok Himpun Dana Zakat 12,7 Miliar Lebih

Wali Kota Solok, H. Zul Elfian menyerahkan bantuan zakat pada penerima
Wali Kota Solok, H. Zul Elfian menyerahkan bantuan zakat pada penerima (Klikpositif)

Solok kota, KLIKPOSITIF - Sebanyak 238 orang mustahiq menerima bantuan dana zakat dari Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) kota Solok, Kamis (25/3/2021). Total uang zakat yang disalurkan senilai Rp244.550.000.

Menurut Kepala BAZNAS kota Solok, AKBP (Purn) Zaini, dana zakat diberikan berupa bantuan zakat produktif sebanyak 106 orang, zakat konsumtif sebanyak 98 orang.

baca juga: Baznas Pariaman Berikan Bimtek pada UPZ Desa Kelurahan

"Kemudian zakat bantuan biaya kesehatan untuk 14 orang, Gharimin 2 orang, perbaikan rumah untuk 2 orang, Ibnu Sabil 1 orang dan biaya pendidikan untuk 15 orang," terangnya.

Menurutnya, dari tahun 2017 sampai 2020, tercatat Baznas kota Solok sudah menghimpun zakat lebih kurang 12,7 miliar rupiah dan disalurkan pada 13.051 orang mustahiq.

baca juga: Kota Solok Kembali Raih KLA Kategori Madya

Tercatat, dana zakat tertinggi terkumpul tahun 2020, dari Januari sampai Desember terhimpun zakat senilai lebih kurang 4,6 miliar lebih.

Dalam penyalurannya, dana zakat disesuaikan dengan peruntukannya, namun secara umum, Baznas kota Solok memiliki 5 program, yakni Solok Sejahtera, Solok Cerdas, Solok Sehat, Solok Peduli dan Solok Taqwa.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Sementara itu, Wako Solok H. Zul Elfian merespon positif kegigihan Baznas kota Solok dalam menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana zakat di kota Solok.

"Alhamdulillah, selama ini penghimpunan dan penyaluran zakat di kota Solok berjalan dengan baik, mustahiq yang menyalurkan zakat melalui Baznas juga meningkat, terutama dari instansi dan OPD," paparnya.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Zul Elfian meminta mustahiq untuk dapat memanfaatkan dana zakat yang diterima sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya.

"Kuncinya adalah bersyukur, semua yang hidup sudah dijamin rezekinya oleh Allah SWT, semoga yang didapatkan semakin berkah," katanya.

Dalam optimalisasi pengelolaan zakat melalui Baznas , Pemko Solok juga menyediakan anggaran operasional tersendiri dalam pengelolaan zakat. Dana disalurkan untuk mustahiq.

Turut hadir dalam penyaluran zakat tersebut, ketua DPRD kota Solok yang diwakili Taufiq Nizam, Kakan Kemenag yang diwakili Irawadi Uska dan ketua LKKS kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian.

Editor: Syafriadi