Wako Solok : Media Massa Berperan Penting Dorong Pembangunan Daerah

Wako Solok, H. Zul Elfian saat bersilaturahmi dengan wartawan di Balairung 99
Wako Solok, H. Zul Elfian saat bersilaturahmi dengan wartawan di Balairung 99 (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Peran wartawan dalam mendorong pembangunan daerah sangat penting, beragam informasi program pembangunan pemerintah akan sulit diakses masyarakat tanpa dibantu media massa.

Hal itu disampaikan Wako Solok, H. Zul Elfian saat menggelar silahturahmi bersama wartawan yang bertugas di kota Solok, Jum'at (26/3/2021) di Balairung 99, Rumah Dinas Wako Solok.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah Sembilan, Enam Diantaranya Kontak Erat

"Kita sadari, Pemko memiliki keterbatasan dalam menyampaikan informasi pada masyarakat, maupun sebaliknya, untuk itu peran media sangat penting," ungkap Zul Elfian didampingi Ramadhani Kirana Putra.

Menurutnya, hubungan antara Pemerintah, media dan masyarakat sangatlah erat. Media massa dan wartawan menjadi sentral informasi maupun komunikasi antara keduanya.

baca juga: Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021, Tanjung Paku Wakili Kota Solok

Untuk itu, katanya, media massa diharapkan mampu memainkan perannya sesuai dengan kondisi dan tuntutan yang ada, tentunya dengan tetap mengacu pada norma dan nilai serta perundangan yang berlaku.

"Tentunya, media massa harus mampu memainkan perannya dalam mendorong pembangunan, manyampaikan aspirasi dan mencerdaskan kehidupan masyarakat," tuturnya.

baca juga: Wako Solok : Koperasi Kekuatan Ekonomi Ditengah Pandemi

Ditegaskan Zul Elfian, Pemerintah kota Solok tentunya juga sangat terbuka dengan kritik dan masukan dari wartawan maupun masyarakat melalui media massa. Sepanjang untuk kemajuan kota Solok, akan sangat baik.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok , Dr. Ramadhani Kirana Putra mengatakan, media massa dan wartawan berperan penting melawan berbagai informasi tidak benar atau Hoax yang beredar ditengah masyarakat.

baca juga: Pemko Solok Data Masyarakat Yang Belum Masuk JKN

"Dengan kemajuan terknologi saat ini, bisa saja terjadi mis informasi maupun dis informasi yang sengaja dihembuskan untuk memecah belah, untuk itu peran media sangat penting dalam menjernihkan informasi yang beredar, terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak," tuturnya.

Turut hadir dalam acara silahturahmi tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kota Solok Zulfadli, Kasubbag Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Solok Livka Orestila dan puluhan wartawan yang bertugas di kota Solok.

Editor: Syafriadi