Ceramah di Masjid Raya Sumbar, UAS Kupas Ciri Pemimpin Beriman

UAS saat ceramah di Masjid Raya Sumbar, Jumat, 26 Maret 2021
UAS saat ceramah di Masjid Raya Sumbar, Jumat, 26 Maret 2021 (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Ustad Abdul Somad ( UAS ) memberikan tausiyah kepada pegawai Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ( Pemprov Sumbar ) di Masjid Raya Sumbar, Jumat, 26 Maret 2021.

Dalam tausiyahnya UAS menyampaikan pemimpin yang bertakwa tidak hanya membangun masjid tetapi juga ikut memakmurkan masjid dengan cara salat berjamaah di masjid.

baca juga: Mahyeldi Meradang Lihat ASN Pemprov Sumbar Banyak Tidak Pakai Kostum Korpri dan Pin

"Ada imam dan khalifah dua istilah yang digunakan Alquran untuk menunjuk pemimpin. Jadi kalau ingin menjadi pemimpin ya harus memiliki iman," katanya

dalam tabliqh akbar dan Launching Subuh Madani, Jumat, 26 Maret 2021.

baca juga: Gubernur Sumbar Buka Alek Nagari Khatam Alquran di Agam

Selanjutnya, UAS mengatakan, Subuh madani sama dengan budaya dan kehidupan di Madinah dengan salat berjamaah di Masjid.

Dari sisi ekonomi, menerapkan sistem dan sesuai syariat dan kaidah Islam. Bekerja sama menjaga persatuan dan kesatuan, taat membayar zakat.

baca juga: Mahyeldi Minta Muzakki Bayarkan Zakat Kepada Orang Dekat dari Tempat Tinggal

Pemimpin harus mengutamakan, membela dan mendahulukan kepentingan umat, menegakkan keadilan, melaksanakan syariat, berjuang menghilangkan segala bentuk kemungkaran, kekufuran, kekacauan, dan fitnah.

"Pilihlah pemimpin yang peduli agama. Selama perintahnya masih berlaku, pakailah untuk menolong agama," pesannya. Diakhir ceramahnya, UAS memimpin doa dan berselawat bersama jamaah.

baca juga: Wagub Sumbar Akhiri Safari Ramadan di Pesisir Selatan

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyampaikan, program subuh madani bertujuan agar setiap ASN menjadi inisiator dan motivator shalat subuh berjamaah ditempat masing masing.

Mahyeldi menganjurkan pegawai sujud sajadah disetiap salat subuh jumat ditempat masing masing sebagai wujud memperkuat dan bersinergi program yg ada di kabupaten dan kota. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir