Tidak Mau Kalah dengan Negara Besar Lainnya, Erick Thohir : Kita Bisa Jadi Pemain Global

Erick Thohir
Erick Thohir (Instagram)

KLIKPOSITIF - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan peresmian perusahaan baterai kendaraan listrik , Indonesia Battery Corporation ( IBC ) pada Jumat (26/3/2021) menunjukkan Indonesia tidak telat mengikuti tren industri global.

IBC atau Industri Baterai Indonesia merupakan konsorsium yang akan bertanggung jawab atas produksi baterai kendaraan listrik di Tanah Air. Konsorsium ini terdiri dari beberapa BUMN, yakni MIND ID, PT PLN, PT Pertamina, dan PT Antam Tbk.

baca juga: Andre Rosiade Desak Mengeri BUMN Tegas Evaluasi Kimia Farma soal Antigen Bekas

"Pak Presiden bilang tahun 80an itu industri kayu telat, minyak telat dan ini alhamdilillah justru kita memanfaatkan momentum dengan perubahan EV batery ini yang berbasis nikel kita ambil langkah berani. Kita engga mau kalah sama negara besar lain. Kita bisa jadi pemain global," kata Erick.

Dengan kehadiran IBC , Erick yakin Indonesia tak akan melewatkan momentum penting dalam industri otomotif dunia, yakni peralihan dari kendaraan berbahan bakar minyak ke mesin bertenaga listrik dari baterai.

baca juga: Alat Test Antigen Bekas di Bandara, Erick Thohir: Tak Ada Toleransi! Saya Sendiri Akan Turun Lakukan Evaluasi

Erick Thohir juga menuturkan bahwa IBC akan membuka lapangan kerja baru di Tanah Air.

"Hari ini kita punya perusahaan. Kerjanya belum selesai karena baru kertas doang. Tapi implementasi ini bisa terbukti di 2022-2023 hasil produksinya sendiri. Insya Allah saya rasa niat baik kita ini bisa jadi legacy dan untuk pemerintahan indonesia ke depan," pungkas dia.

baca juga: Ini Kata Erick Thohir Kepada Investor China Jika Mendapat Halangan Izin dan Pembangunan di Indonesia

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi