Jalan Lintas Depan Kantor Camat Talamau Pasbar Rusak Parah, Truk Bermuatan Semen Terpuruk

Truk bermuatan semen terpuruk di tengah jalan lintas propinsi tepat nya dihalaman Kantor Camat Talamau dan Kantor Wali Nagari Talu
Truk bermuatan semen terpuruk di tengah jalan lintas propinsi tepat nya dihalaman Kantor Camat Talamau dan Kantor Wali Nagari Talu (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Jalan lintas propinsi yang menghubungkan Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman rusak parah. Akibatnya satu unit truk terpuruk di tengah jalan tepatnya di depan kantor Camat Talamau - Pasaman Barat.

Dodi salah seorang putra Kecamatan Talamau menyebut kerusakan jalan yang berlobang sudah berlangsung beberapa tahun belakangan. Tidak saja jalan yang berlobang, ruas jalan di kecamatan tersebut sempit dan berliku.

baca juga: Arak Obor dengan Jalan Kaki, Warga Nagari Kapa Pasbar Takbiran Sambutan Lebaran

"Kita sering mengeluhkan lobang besar di tengah jalan yang tepat nya depan Kantor Camat Talamau dan Kantor Wali Nagari Talu ini. Hal ini sudah berlangsung lama dan kita khawatirkan nantinya menelan korban," sebut Dodi, Sabtu (27/3/2021).

"Warga tak tau harus kemana mengadu. Kami hanya bisa berbuat dengan menimbun kerikil bila air sudah mengenangi jalan. Tadi sebuah truk bermuatan semen terpuruk dan terpaksa dipindahkan ke truk lain," sambungnya.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

Ia mengatakan jalan lintas propinsi yang berada di Kecamatan Tamalau itu selain sempit dan berliku, juga dipenuhi semak belukar yang tumbuh subur disisi jalan. Hal itu bisa dilihat dari Nagari Kajai sampai Nagari Talu.

"Sering terjadi kecelakaan, karena pandangan pengemudi kendaraan ditutupi oleh semak belukar yang tumbuh subur di sisi jalan," katanya.

baca juga: RUU Daerah Kepulauan Jadi Kebutuhan Mendesak Masyarakat Kepulauan

"Kita sangat menyayangkan hal ini. Kenapa jalan provinsi yang menghubungkan dua Kabupaten dibiarkan begitu saja. Sudah berlobang, sempit, berliku, tak pula ada penerang jalan," tuturnya.

"Apa perlu kami membuat surat dulu untuk meminta jalan ini diperbaiki. Atau jika perlu kami surati pemerintah pusat untuk meminta menganggarkan pembangunan jalan ini," sambung Dodi.

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

Sementara Pejabat Wali Nagari (Desa) Talu Mahyu Danil membenarkan adanya truk bermuatan semen pada Sabtu pagi tadi terpuruk di tengah jalan tepatnya antara halaman kantornya dan Kantor Camat Talamau.

"Roda belakang kanan truk terpuruk. Siang tadi baru bisa keluar, sedangkan muatan truk terpaksa dipindahkan ke truk lain. Kita juga tadi secara bergotong royong telah menimbun lubang jalan," terangnya.

"Kita juga berharap warga yang melintas agar tetap berhati-hati. Sebab, akibat genangan air membuat lobang jalan tak terlihat," sambungnya mengakhiri.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri