Rampungkan Stadion Sepakbola, Wali Kota Payakumbuh Targetkan Bakal Gelar Liga Payakumbuh Tahun 2022

Riza Falepi bersama salah satu tim sepak bola di Payakumbuh
Riza Falepi bersama salah satu tim sepak bola di Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Kota Payakumbuh siap menggelar Liga Sepakbola Payakumbuh pada tahun 2022. Hal ini disampaikan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Jumat 1 Januari 2021 dengan catatan lapangan sepak bola berstandar nasional yang dibangun pada tahun 2021 di Kawasan Batang Agam, Kelurahan Tanjung Pauhakan bertransformasi menjadi stadion.

Riza mengatakan untuk mewujudkannya, ia ingin pada tahun ini sudah menganggarkan pembuatan lapangannya terlebih dahulu. Dimana lapangan sepakbola berstandar nasional senilai Rp3,19 miliar dengan ukuran lapangan 68 x 105 meter dengan spesifikasi berstandar Nasional tersebut selesai dibangun dan pada tahun 2022 pihaknya akan menggelar Liga Payakumbuh .

baca juga: Tergabung di Grub B FIFAe Nations Cup 2021, Ini Kata Ketum PSSI

"Iya tahun selanjutnya kita anggarkan lagi untuk pembangunan stadionnya. Kita sudah lama ingin punya lapangan sepakbola berstandar nasional. Kalau lapangan sepakbola di Tanjung Pauh itu selesai nanti, kita adakan Liga Payakumbuh , yang pesertanya berasal dari klub-klub yang ada di kota Payakumbuh ini," ujar Riza Falepi.

Ia berharap lapangan bola yang baru tersebut nantinya benar-benar dinikmati oleh anak-anak warga Payakumbuh . Sehingga Pemerintah Kota Payakumbuh ingin menghadirkan nuansa sepakbola seperti liga-liga yang teah ada saat ini, baik itu liga di Indonesia maupun liga yang ada di Italia, Inggris, dan Spanyol atau benua lainnya.

baca juga: Fakta-fakta Menarik Buffon Setelah Resmi Kembali ke Parma dengan Kontrak 2 Tahun

"Makanya kita adakan dulu Liga Payakumbuh , ya yang seperti Liga Italia atau Liga Inggris itu lah," kata Riza Falepi.

Mengingat persiapan tersebut, Riza juga menyampaikan agar dari sekarang klub-klub bola latihan yang ada di Payakumbuh untuk terus latihan. Kemudian nanti setelah lapangan selesai dan rampung dapat langsung mengikuti Liga Payakumbuh yang menurut rencana dijadwalkan pada 2022.

baca juga: Kontrak dengan Fonseca Gagal, Tottenham Kini Buru Gattuso yang Tidak Jadi Tangani Fiorentina

"Sudah lama para pecinta sepakbola di Payakumbuh meminta Riza untuk dibuatkan lapangan yang bagus. Tahun 2021 ini kita segerakan membangunnya, mudah-mudah tidak ada kendala," kata Riza.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah