Ditanya Terkait Pilpres 2024, Kang Emil: Kalau Jalannya Terbuka Saya Bismillah

Ridwan Kamil saat berkunjung ke Kota Payakumbuh.
Ridwan Kamil saat berkunjung ke Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Sebagai salah satu tokoh nasional yang masuk tiga besar survei Indikator Politik Indonesia untuk Pilpres 2024 , Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku siap maju sebagai calon presiden apabila memang jalan untuk maju terbuka.

"Saya tidak pernah cita-cita jadi gubernur, tiba-tiba ya Alhamdulillah. Untuk 2024, kalau jalannya terbuka saya Bismillah," kata pria yang karib disapa Kang Emil itu saat berkunjung ke Kota Payakumbuh , Selasa (30/3) sore.

baca juga: Payakumbuh Zona Oranye COVID-19, Hamdi Agus Ajak Warga Patuhi Instruksi Pemerintah Soal Salat Ied

Meski siap untuk maju pada Pilpres 2024 nanti, Kang Emil mengaku tidak akan ngotot untuk bisa mencapai keinginannya itu. Menurutnya, yang penting adalah pemimpin Indonesia ke depan harus mampu membawa negara ini maju, seperti negara-negara besar dunia lain.

"Kalaupun tidak (maju Pilpres) tidak ada penyesalan," kata alumni ITB itu.

baca juga: Silaturahim ke Veteran, Kababinminvetcaddam I/BB Salurkan Tali Asih Jelang Lebaran.

Menurutnya, dunia demokrasi Indonesia dalam kondisi yang kurang baik. Bahkan menurutnya perpecahan akibat Pilpres 2019 masih belum usai meski pemilihan sudah lama selesai.

"Anggap Pilkada atau Pilpres seperti kompetisi badminton saja. Selesai tanding, selesai. Jangan seperti sekarang, kita sibuk mencari perbedaan tapi lupa dengan persamaan," kata dia.

baca juga: UMKM Payakumbuh Mulai Menggeliat Selama Ramadan

Terkait peluang Kang Emil untuk maju pada perhelatan Pilpres 2024 , Wali Kota Riza Falepi juga memberikan dukungan. Menurutnya, mantan Wali Kota Bandung itu pantas dan layak memimpin Indonesia ke depan.

"Saya sih doanya jadi presiden aja udah. Di survei beda-beda tipis semua.

baca juga: Menuju Lomba PKK Tingkat Provinsi Sumbar, Henny Riza Falepi Harapkan Payakumbuh Juara

Kesempatan sama sekarang. Ini bagian dari kompetisi sehat, siapa yang terbaik itulah yang terbaik untuk Indonesia ke depan," kata Riza yang satu almamater dengan Kang Emil di ITB. (*)

Editor: Taufik Hidayat