Desain Istana Negara, 5 Asosiasi Arsitek Ingatkan Penting Pelibatan Masyarakat

Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru Kaltim jadi sorotan warganet.
Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru Kaltim jadi sorotan warganet. (Net)

KLIKPOSITIF - Lima asosiasi angkat suara perihal desain Istana Negara bentuk Garuda yang ditampilkan secara visual, belum lama ini. Ada 10 poin yang mereka paparkan, salah satunya tentang pentingnya pelibatan masyarakat dalam perencanaan yang bersifat publik tentang pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Kelimanya ialah Asosiasi Profesi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI), dan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP)..

baca juga: Ditanya Deddy Corbuzier Kemungkinan Maju di Pilpres 2024, Prabowo: Lu Ngomong Presiden Melulu

Gabungan asosiasi tersebut menilai, dalam setiap proses perencanaan, terutama yang bersifat publik, pelibatan masyarakat menjadi proses bagian yang tak terpisahkan untuk meningkatkan rasa kepemilikan atau "sense of ownership" masyarakat terhadap keberadaan IKN yang baru.

Mereka menegaskan, IKN adalah "kota dunia untuk semua" dan berharap adanya media untuk dialog atau forum diskusi mengenai perencanaan dan perancangan IKN.

baca juga: Akun Gosip Unggah Video Ivan Gunawan Waktu Remaja, Mirip CR7?

Baik pada level regional, kawasan, bangunan dan ruang binaan) secara terbuka dan transparan dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, multi-disiplin terkait dan perwakilan pemangku kepentingan, termasuk perwakilan pusat dan daerah.

"Prosedur atau tata urutan perencanaan pembangunan IKN sebaiknya mengikuti kaidahkaidah pembangunan fisik, sosial, ekonomi dan lingkungan hidup mengingat suatu kota tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga fokus membangun kehidupan di mana dimensi fisik, ekonomi, sosial dan lingkungan hidup harus direncanakan secara sistematis dan terpadu," tulisnya dari siaran pers.

baca juga: Lulus dari Stanford University, Maudy Ayunda: Dua Tahun Benar-benar Sudah Berlalu

"Kami mendorong Rancangan Undang-Undang IKN disahkan terebih dahulu dengan menempatkan rencana induk pembangunan dan tata ruang IKN sebagai dasar pembangunan yang dilaksanakan oleh Badan Otorita IKN dengan otonomi penuh dan diisi oleh para profesional di bidang perencanaan kota, perancangan kawasan dan bangunan, serta pengelolaan properti dan lahan serta profesional lain yang umumnya terlibat dalam proses pembangunan kota baru," lanjutnya.

Sumber: Suara.com

baca juga: Biasa Pakai Sepatu Bertabur Berlian, Netizen Soroti Sandal Jepit Hotman Paris

Editor: Eko Fajri