Pengamat : Tilang Elektronik Bergantung Pada Operator

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG , KLIKPOSITIF - Pengamat transportasi dari Universitas Andalas (UNAND) Yossyafra menilai, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik bergantung pada kesigapan operator.

"Penggunaan tilang elektronik akan efektif apabila operator di ruang pengendali sigap dan tanggap dalam mencatat pelanggaran yang dilakukan pengendara," katanya.

baca juga: AJI Padang Bangun Kantor di Gunung Pangilun Padang

Menurutnya, keberadaan penggunaan tilang elektronik merupakan kemajuan dalam bagian penegakkan hukum bagi tindakan pelanggaran yang dilakukan pengendara di persimpangan.

"Operator harus dapat memastikan sepuluh jenis pelanggaran yang dapat ditindak tidak dilakukan pengendara di persimpangan yang telah dipasangi CCTV," lanjutnya.

baca juga: Diskominfo Padang Beri Pelatihan Singkat Kepada KIM

Dengan begitu, sistem penegakan hukum dari segi lalu lintas akan efektif dan bisa terlaksana dengan baik sesuai peruntukkannya.

Diketahui, tilang elektronik telah resmi dilaksanakan di lima persimpangan Kota Padang telah dimulai sejak 23 Maret lalu.

baca juga: Ada Gelandang Muda Semen Padang FC Saat Timnas U-23 Kalahkan Tajikistan 2-1

Penggunaan tilang elektronik tahap pertama secara serentak di 12 provinsi di Indonesia telah berjalan selama satu pekan.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi