Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Sumbar Sebut Banyaknya Kasus Teroris Karena Suburnya Ideologi Kebencian

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Barat menilai, banyaknya kasus teroris dewasa ini karena tumbuh suburnya ideologi kebencian.

"Maraknya kasus dugaan teroris akhir-akhir ini karena semakin tumbuh suburnya ideologi kebencian di tengah masyarakat yang mengakibatkan tindakan radikal," kata Forum Koordinasi Pencegahan terorisme (FKPT) Sumatera Barat, Zaim Rais, Kamis 1 April 2021.

baca juga: Terduga Teroris Ditangkap di Papua Terkait ISIS, Berencana Ledakan Bom di Gereja dan Kantor Polisi

Menurutnya, kelompok tersebut membenci kelompok yang dianggap berbeda dengan keyakinan yang dimiliki sehingga menganggap orang di luar kelompok mereka salah.

"Saat ini, ada segelintir kelompok yang berupaya menumbuh suburkan ideologi kebencian di tengah-tengah masyarakat," lanjutnya.

baca juga: Diduga Bakal Ledakkan Bom, Densus Tangkap 10 Terduga Teroris di Papua,

Ia mengatakan, kelompok tersebut sedang menebarkan kebencian sehingga nekat melakukan tindakan kekerasan terhadap kelompok yang berbeda.

"Penganut ideologi kebencian itu tidak siap menerima perbedaan yang ada. Padahal perbedaan merupakan hal yang tidak dapat dihindari," lanjutnya.

baca juga: TPNPB Dilabel Terorirs oleh Pemerintah, Komnas HAM Sebut Persulit Upaya Damai

Ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh orang-orang yang menyebarkan ideologi tersebut, sehingga paham-paham radikal tidak bisa berkembang di bumi NKRI.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi