Anggaran Terowongan Tol Padang - Pekanbaru Masuk Blue Print Bappenas

Terowongan
Terowongan (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Anggaran terowongan tol Padang - Pekanbaru baru tepatnya di Limapuluh Kota sudah masuk Blue Print Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas ).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) Sumbar Era Sukma Munaf, Sabtu, 3 April 2021.

baca juga: Kejar Target Pembangunan Sampai 2024, Ini Panjang Ruas Jalan Tol yang Sudah Beroperasi

"Alhamdulillah sudah masuk blue print Bappenas ," ungkapnya.

Menurut Era proyek strategis nasional itu akan terus berjalan secara bertahap. Sesuai prosedur setiap seksi mulai dari trase, kemudian Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT), penetapan lokasi, pengukuran oleh BPN, lalu pembayaran.

baca juga: Gubernur Sumbar Salut, Komunikasi Bupati Dharmasraya dengan Pusat Berbuah Tol 139 Kilometer

"Sekarang kami sedang fokus Padang - Sicincin," sebutnya.

Dia berharap kerja sama dari semua pihak terkait pembebasan lahan . Sehingga pembangunan tol bisa terlaksana dengan cepat.

baca juga: Ganti Kerugian Tol Padang-Pekanbaru Terus Disalurkan, Gubernur: Gunakan Untuk Hal Bermanfaat

"Kami butuh dukungan dari semua pihak agar tol berjalan lancar. Ini untuk perekonomian Sumbar, kalau akses bagus ekonomi akan tumbuh," tukas Era.

Saat perpisahan Sekdaprov Sumbar Drs. Alwis, Gubernur Sumbar Mahyeldi juga menyampaikan informasi tersebut. Kata Mahyeldi sekitar Rp 6 triliun APBN digelontorkan untuk pembangunan 10 kilometer terowongan di Limapuluh Kota.

baca juga: Pemerintah Percepat Ganti Untung 19 Bidang Lahan Seksi I Tol Padang-Pekanbaru

"Ini bertakat kerja keras pak Alwis dan kawan - kawan," ujarnya.

Untuk diketahui, jalan tol Padang-Sicincin merupakan bagian dari jalan tol Padang-Pekanbaru yang mempunyai panjang total 254 kilometer dan terbagi menjadi enam seksi.

Seksi I Padang-Sicincin, Seksi II Sicincin-Bukittinggi, Seksi II Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh-Pangkalan, Seksi V Pangkalan-Bangkinang dan Seksi VI Bangkinang-Pekanbaru. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir