MUI Perbolehkan Salat Tarawih Berjamaah di Masjid Saat Ramadan, Tapi...

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLKPOSITIF - Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memperbolehkan warga muslim melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid selama bulan suci Ramadhan.

Meski demikian, MUI menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

baca juga: Ibadah Haji Tahun Ini Batal, Pemerintah Fokus untuk Haji Tahun Depan

" Ramadan 2021 ini shalat tarawih hingga tiga sif diperbolehkan," kata Ketua MUI Ogan Komering Ulu Adhmiati Somad di Baturaja seperti dilansir suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com dari Antara, Sabtu (3/4/2021).

Namun dia menekankan bahwa protokol kesehatan harus diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan ibadah berjamaah di masjid maupun mushala.

baca juga: Anggota DPR RI Hermanto Salurkan Bantuan Pemerintah Bagi 58 Kelompok Tani Dan 200 KK Di Solsel

Sesuai dengan fatwa MUI , ia menjelaskan, warga Muslim yang tinggal di daerah tanpa kasus penularan Covid-19 diperbolehkan melaksanakan shalat tarawih dan shalat Idul Fitri secara berjamaah di masjid dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pengurus tempat ibadah , menurut dia, harus menyediakan sarana pendukung penerapan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, alat ukur suhu, dan masker.

baca juga: Seleksi Tahap Kedua, Bima Sakti Uji Kemampuan 40 Pemain Untuk Timnas U-16

Selain itu, pengurus masjid juga diharapkan memasang tanda jarak di dalam ruangan masjid atau mushala untuk memastikan anggota jamaah bisa saling menjaga jarak.

Penerapan protokol kesehatan ditujukan untuk mencegah terjadinya penularan virus corona dalam kegiatan ibadah di masjid maupun mushala.

baca juga: Buka Pesta Kesenian Bali, Jokowi Bicara Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Editor: Eko Fajri