Sidak di Kantor Dinas TPHP, Mahyeldi Tekankan Disiplin Kelengkapan ASN

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala Dinas TPHP Sumbar Syafrizal saat sidak
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala Dinas TPHP Sumbar Syafrizal saat sidak (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sumbar, Senin, 5 April 2021.

Sidak tersebut untuk mengecek kesiapan basis kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara ) sekaligus melihat tentang tata letak ruang kantor.

baca juga: Mahyeldi Minta Muzakki Bayarkan Zakat Kepada Orang Dekat dari Tempat Tinggal

Kedatangan Gubernur disambut baik oleh Kepala Dinas TPHP Sumbar Syafrizal bersama- sama dengan jajaran stafnya dilingkungan Kantor Dinas TPHP Sumbar yang bertempat di Jl. Raya Padang- Indarung, Km 8, Bandar Buat.

Gubernur mengatakan tujuan dilaksanakan kunjungan mendadak ini adalah untuk melihat tata letak di dalam ruang kantor tersebut serta melihat kesiapan kinerja ASN dalam bertugas.

baca juga: Wagub Sumbar Akhiri Safari Ramadan di Pesisir Selatan

Menurutnya kantor Dinas TPHP Sumbar perlu dilakukan pembenahan-pembenahan dan juga kecukupan fasilitas ruangan dan struktur organisasinya. Sehingga dapat ditentukan siapa kepalanya, serta jajaran anggotanya dan staffnya.

"Dengan demikian setiap tamu berkunjungan ke kantor dapat melihat nama orang yang bekerja di dalam ruangan, untuk perlu dilakukan pembenahan dan juga pelatihan - pelatihan," ujar Gubernur saat di depan ASN .

baca juga: DPR Minta KPK Pertahankan Pegawai Reputasi Baik, Bukan Diberhentikan

Kemudian Gubernur juga katakan bahwa masih banyak pegawai di Provinsi Sumbar yang belum melengkapi sebagai tanda ASN , yang pertama bajunya harus ada lambang Sumatera Baratnya.

Karena di Kota Padang ini ada pegawai Provinsi juga ada pegawai kota. Oleh karena itu, perlu kita ingatkan kepada pegawai, harus memiliki nama, dan pin yang menunjukan atau membedakan kita pegawai provinsi antara pegawai kota.

baca juga: Wagub Sumbar Minta Petugas Perbatasan Tegas Cegat Pemudik

"Dan juga mengajak kepada seluruh OPD Provinsi Sumbar agar dapat mengingatkan seluruh anggotanya untuk disiplin dengan kelengkapan ASN di provinsi sumatera barat," harapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan sekarang para OPD Pemprov Sumbar sedang melaksanakan kegiatan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Alhamdulillah dari kunjungan saya hari ini dari satu bidang tadi saya temui yaitu penerapan anggarannya sudah lebih 50 persen. Kita harapkan dapat terlaksana lebih cepat lagi sehingga apa yang sudah direncanakan penganggarannya itu akan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," harap Gubernur.

Dengan cepatnya pelaksana kegiatan anggaran itu, otomatis akan mengerahkan ekonomi dimasyarakat kita karena pemerintahan ini adalah sebagai stimulan untuk medinamisasi ekonomi di provinsi sumbar dan kabupaten/kota se-Sumbar. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir